Sukses

Pertumbuhan Omzet Industri Roti di Atas 10%

Produk industri bakery sebenarnya ada empat macam yaitu roti, kue tradisional, cake dan kue kering.

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan produk bakery di Indonesia tampaknya terus mengalami tren positif setiap tahunnya. Hal ini terlihat dari pertumbuhan omzet industri tersebut yang rata-rata mengalami kenaikan di atas 10 persen per tahun.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Bakery Indonesia (APEBI), Chris Hardijaya mengatakan, pada tahun ini, omzet industri bakery diperkirakan akan mencapai Rp 20 triliun. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 15 persen dibandingkan dengan 2013.

"Tahun lalu omzetnya meningkat 12 persen dari tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp 17 triliun. Pada tahun ini diperkirakan bisa meningkat 15 persen. Dan pada 2015 diharapkan juga bisa tumbuh 15 persen dari tahun ini yang sebesar Rp 20 triliun," ujarnya di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (23/10/2014).

Dia menjelaskan, produk industri bakery sebenarnya ada empat macam yaitu roti, kue tradisional, cake dan kue kering. Produk roti memberikan sumbangan omzet terbesar yaitu mencapai 60 persen dari total omzet produk bakery per tahunnya.

"Porsi terbesar ada di roti karena dikonsumsi oleh masyarakat setiap hari dan sudah jadi lifestlye, itu sebesar 60 persen. Sementara kue tradisional 25 persen, cake cuma 5 persen karena tidak setiap hari dimakan dan kue kering 10 persen. Cake dan kue kering ini fluktuatif karena saat hari raya meningkat sedangkan roti malah turun, bulan puasa tidak ada yang konsumsi roti," jelasnya.

Menurut Chris, tren peningkatan konsumsi produk bakery ini karena kesejahteraan masyarakat Indonesia semakin bertambah dimana di kota-kota besar seperti Jakarta banyak masyarakat yang mengkonsumsi raoti sebagai menu sarapan.

"Di kota-kota besar orang sudah tidak mencari-cari nasi uduk untuk sarapan pagi, mereka mulai konsumsi roti," lanjutnya.

Masih banyak kendala yang harus dihadapi oleh industri bakery terutama pada tahun ini, seperti kenaikan tarif listrik, harga elpiji dan pemilihan presiden (pilpres).

"Saat ini pilpres malah menurun karena saat kampanye yang dibutuhkan makanan berat. Tapi pada 2015 diperkirakan akan naik karena ekonominya stabil dan sekarang pemerintahan Jokowi juga akan mendorong UMKM. Dan UMKM bakery tergolong yang paling cepat berkembang karena bisa diproduksi dimana saja dan modalnya relatif mudah," tandasnya. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.