Sukses

Meski Anak Presiden, Nilai Tes CPNS Kahiyang Ayu Tetap Obyektif

Anak Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu telah menjalani tes tertulis seleksi CPNS pada Kamis, 23 Oktober 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Anak Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, telah menjalani tes tertulis seleksi CPNS dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) di Gedung Bakorwil II Surakarta pada Kamis, 23 Oktober 2014. Sama dengan tes CAT yang digelar instansi lainnya, hasil tes kemampuan dasar (TKD) langsung bisa diketahui. 

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Kahiyang Ayu dengan nomor peserta 337205600491005 menduduki urutan 105 dalam tes sesi ketiga untuk formasi Pemeriksa Pertama dengan nilai 300 poin.

Nilai itu terdiri dari 50 untuk tes wawasan kebangsaan (TWK), 95 untuk tes intelegensi umum (TIU), dan 155 untuk tes karakteristik pribadi (TKP). Dari ketiga nilai itu, maka nilai tes yang paling kecil adalah tes wawasan kebangsaan.

 

Hasil tes CPNS putri Jokowi, Kahiyang Ayu


Merujuk pada peraturan CPNS, seorang peserta CPNS dinyatakan lolos TKD bila nilainya memenuhi passing grade.  Nilai passing grade yakni 70 untuk tes wawasan kebangsaan (TWK), 75 untuk tes intelegensi umum (TIU) dan 126 poin untuk tes karakteristik pribadi (TKP). 

Menanggapi hal itu, Kabag Humas dan Komunikasi Publik KemenPAN-RB, Suwardi menilai dengan adanya sistem CAT sudah tidak ada lagi prioritas untuk peserta seleksi CPNS. Seseorang yang mengikuti tes, lanjut dia, begitu selesai hasilnya sudah bisa dilihat sehingga tidak mungkin lagi ada rekayasa nilai.

"Nilai TKD murni dan objektif. Dan saya yakin Bapak Presiden juga tidak menghendaki tentang prioritas bagi putrinya," kata Suwardi saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (24/10/2014).

Terkait pengawal khusus yang menemani Kahiyang ke lokasi tes, menurut dia, hal itu sudah sesuai standar keprotokolan. "Saya pikir masyarakat tidak usah mempermasalahkan. Itu sisi lain tentang protap bagi keluarga Presiden," terang dia. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini