Sukses

Menteri PU dan Perumahan Rakyat Kabinet Jokowi Harus Birokrat

Sosok yang menduduki jabatan Menteri Perumahan rakyat harus orang yang benar-benar mengerti pekerjaan teknis.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok yang akan mengisi pucuk pimpinan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perumahan Rakyat harus mereka yang memang menguasai bidang tersebut. Oleh sebab itu pengamat meminta agar Presiden Joko Widodo mengisi posisi tersebut dari kalangan birokrat.

Mantan Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI), Lukman Purnomosidi menilai, sosok menteri yang memimpin kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perumahan Rakyat haruslah orang yang menguasai bidang infrastruktur dan perumahan.

"Ya tentu, Pak Jokowi harus memilih orang yang menguasai bidang tersebut. Dan tentu, birokrat karier yang tepat, karena sifat pekerjaannya yang sangat teknis," ujar Lukman  berdasarkan rilis yang diterima liputan6.com, Minggu, (26/10/2014).

Lukman pun menyebut beberapa nama. Salah satu nama yang disebut olehnya adalah mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak. Menurutnya, Selain berasal dari birokrat karir di Kementerian PU, Hermanto juga dikenal dekat dengan Jokowi.

"Ya birokrat paling senior di Kementerian PU, dan santer beredar kabar bahwa Hermanto akan menjadi Menteri PU yang baru kan. Dulu kan saat Kemen PU dan Kemenpera jadi satu dibawah Departemen Kimpraswil, Pak Hermanto sudah pejabat senior yang kompeten di sana, jadi harusnya tidak ada masalah," ucap Lukman.

Dengan dipilihnya Hermanto, kepercayaan investor asing pun bakal bertambah. Pasalnya, sosok Hermanto cukup dikenal di dunia internasional. (Luqman Rumadi/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini