Sukses

Sudirman Said, Menteri ESDM Kabinet Jokowi

Sudirman Said merupakan Executive Director Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) CEO Summit 2013.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan nama-nama menteri yang akan membantunya dalam Kabinet Kerja. Salah satu nama yang akan membantunya dalam lima tahun ke depan adalah Sudirman Said yang akan menjabat sebagai Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Bedasarkan data yang dirangkum Liputan6.com, Minggu (26/10/2014), berikut profil orang nomor satu pada instansi yang mengurusi energi dan pertambang tersebut.

Sudirman Said memperloleh gelar MBA dari Universitas George Washington untuk konsentrasi Human Resource Management dan Organizational Development. Sempat menduduki beberapa jabatan, Beliau diangkat menjadi  Direktur Utama PT Pindad pada 4 Juni 2014. Sebelumnya ia menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur PT Petrosea Tbk.

Pria ini juga pernah menjabat sebagai Group Chief of Human Capital and Corporate Services di PT Indika Energy Tbk, setelah menyelesaikan tugasnya sebagai Direktur Human Capital di Petrosea (2009-2010).

Selain itu, Sudirman merupakan Executive Director Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) CEO Summit 2013. Pada tahun 2005, beliau terlibat dalam Rekonstruksi Pasca Tsunami untuk Aceh dan Nias selama tiga (3) tahun, sebagai Deputi Kepala Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias, Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia.

Sebelum kembali bergabung dengan Indika Energy Group, beliau terlibat dalam Transformasi PT Pertamina (Persero), dengan tugas melakukan pembenahan fungsi Sekretaris Perusahaan (2008), dan Supply Chain Management (2008-2009). (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini