Sukses

Edi Sukmono Jadi Bos Baru KAI Gantikan Ignasius Jonan

Penunjukan Edi Sukmono setelah melalui serangkaian fit and proper test oleh Kementerian BUMN

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menunjuk Edi Sukmono sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang baru menggantikan Ignasius Jonan.

Penunjukan Edi setelah melalui serangkaian fit and proper test oleh Kementerian BUMN yang mayoritas rekomendasi berasal dari jajaran direksi di PT KAI sendiri.

"Jadi tadi ada sedikit pisah sambut dengan direksi KAI dan Pak Menteri Perhubungan yang beliau sebelumnya Dirut KAI telah melepas jabatnnya digantikan Pak Edi Sukmono," kata Rini di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Sebelumnya Edi menjabat sebagai Direktur Aset dan Properti di PT KAI. Dijelaskan Rini, Edi merupakan salah satu sosok yang direkomendasikan oleh ‎Jonan diantara beberapa direksi.

Sementara di kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan‎ yang juga mantan Dirut KAI, Ignasius Jonan mengungkapkan alasan dirinya memberikan rekomendasi dari orang dalam perseroan adalah demi menciptakan kesinambungan.

"Kenapa saya rekomendasikan dari orang dalam, karena seluruh program KAI yang sudah disusun bisa terus berlanjut secara berkesinambungan," kata Jonan. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.