Sukses

Diragukan Jadi Menteri, Ini Jawaban Susi Buat Para Pengkritik

Susi Pudjiastuti angkat bicara terhadap kritik yang ditujukan kepadanya.

Liputan6.com, Jakarta - Hanya lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Susi Pudjiastuti didaulat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Banyak pihak meragukan kinerjanya karena tingkat pendidikan Susi yang dianggap tak setara dengan menteri-menteri yang lain di Kabinet Kerja.

Menanggapi hal tersebut, Susi terbuka agar para pengkritik tersebut membuktikan ucapannya. Dia juga meminta mengkritiknya tak sekadar bicara saja.

"Kalau mereka kasih lihat saya bahwa kesombongan mereka terbukti, kenapa tidak. Kalau berkoar meragukan saya, ya jangan hanya ngomong doang," kata Susi di Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Menurut dia, pengalamannya sebagai pengusaha di bidang perikanan selama 33 tahun bakal menjadi modal besar untuk memimpin KKP dalam lima tahun ke depan. Berbekal pengalamannya, Susi berjanji akan membawa Kementerian Kelautan dan Perikanan ke arah yang lebih baik. 

"Saya terima pekerjaan ini karena saya 33 tahun perikanan dan 10 tahun di penerbangan. Mudah-mudahan bisa membantu Indonesia lebih baik," terangnya.

Susi mengatakan, Indonesia mesti menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mandiri secara ekonomi. Pasalnya, potensi Indonesia sangat besar mengingat 70 persen wilayah Indonesia berupa laut. Bahkan, menurutnya luasnya lima kali lebih besar daripada Thailand.

Sayangnya, potensi tersebut tak tergarap secara optimal. Hal itu karena angka ekspor di sektor perikanan di bawah dari Thailand dan Malaysia.

"Angka ekspor kita lebih rendah dari Thailand dan Malaysia, ini target kita semua," tukas dia. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.