Sukses

Presiden Jokowi Minta Anggaran Khusus Untuk Bangun Irigasi

Presiden Jokowi meminta Menteri Keuangan untuk menganggarkan dana pembangunan sarana irigasi dalam APBN-P 2015.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Keuangan untuk menganggarkan pembangunan sarana irigasi dalam APBN-P 2015.

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro mengungkapkan alokasi anggaran khusus untuk membangun sarana irigasi tersebut demi mendukung kedaulatan pangan Indonesia.

"‎Pak Presiden meminta untuk menggenjot pembangunan irigasi, paling penting pasti ada kebutuhan anggaran, pada intinya kami akan memasukkan itu dalam APBN-P 2015, jadi ada penekanan pembangunan irigasi itu," kata Bambang di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (30/10/2014).

Nantinya, alokasi anggaran untuk pembangunan irigasi ini akan dialokasikan untuk Kementerian Pekerjaan Umum sebagai pihak yang diberikan mandat oleh Jokowi.

Sementara di kesempatan yang sama, Menteri Pekerjaan Umum, ‎Basuki Hadimuljono mengaku siap mempercepat pembangunan beberapa saluran irigasi dan beberapa fasilitas lainnya seperti bendungan.

"Kalau ada pupuk, kalau ada benih, tapi tidak ada irigasi kan percuma, jadi kami siap melakukan pembangunan dan perbaikan beberapa sarana irigasi di Indonesia," kata Basuki.

Lebih lanjut menurut Basuki, dari total seluruh irigasi yang ada di IndonEsia hanya sebanyak 20 persen yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Sementara itu untuk pemerintah kabupaten sebesar 50 persen dan pemerintajh provinsi sebesar 30 persen. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini