Sukses

Setumpuk Pekerjaan Rumah Buat Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti memiliki banyak pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan untuk mendorong sektor kelautan dan perikanan.

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia menyatakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memiliki banyak pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan untuk mendorong sektor kelautan dan perikanan.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perikanan dan Kelautan Yugi Prayanto mengatakan, hal utama yang mesti dibenahi adalah meningkatkan kesejahteraan nelayan. Menurutnya, pemerintah mesti punya target untuk memberdayakan sentra-sentra perikanan.

"Karena Pak Presiden katanya akan bikin seribu sentra perikanan terpadu," kata dia di Jakarta, Kamis (30/10/2014).

Di bawah Susi, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga diminta membabat habis para pelaku penangkapan liar. Membenahi perizinan serta meningkatkan ketaatan masyarakat pada hukum kelautan dan perikanan menjadi tugas lain buat Susi.

Selain itu, Yudi juga menilai perlunya pemangkasan terhadap pajak-pajak yang membebani pengusaha. Pemerintah harus mengatur ulang regulasi-regulasi tersebut.

"Apa-apa biaya. Waktu saya lihat kenapa tidak banyak pelaku usaha kapal di Indonesia, kenapa? karena kalau bangun kapal, bahan bakunya impor itu kita udah kena pajak, tapi kalau kita impor kapal itu malah tidak kena pajak. Kan lucu, secara tidak langsung peraturan kita yang memberikan angin lebih bagus untuk impor kapal penuh gitu," tutupnya. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.