Sukses

Bakrieland Lepas 35% Saham Bukit Jonggol Asri

PT Bakrieland Development Tbk melepas sekitar 35 persen saham PT Bukit Jonggol Asri kepada PT Sentul City Tbk.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bakrieland Development Tbk (ELTY), perusahaan properti meraih dana segar sekitar Rp 1,5 triliun dari penjualan saham anak usahanya. Perseroan melalui anak usahanya PT Graha Andrasentra Propertindo melakukan divestasi 35 persen saham PT Bukit Jonggol Asri.

Divestasi 35 persen saham PT Bukit Jonggol Asri itu antara lain penjualan 15 persen untuk PT Sentul City Tbk (BKSL) sebesar Rp 700 miliar dan sekitar 20 persen saham PT Bukit Jonggol Asri dilakukan kepada PT Gili Tirta Anugrah sebesar Rp 800 miliar. Divestasi saham itu dilakukan pada 14 Oktober 2014.

Selain itu, perseroan melalui anak usahanya PT Graha Andrasentra Propertindo juga telah membeli 100 persen saham PT Jungleland Asia yang dimiliki PT Sentul City Tbk sebesar 40 persen dan PT Bukit Jonggol Asri sebesar 60 persen. Total pembelian saham PT Jungleland Asia itu sebesar Rp 500 miliar.

"Transaksi ini tidak termasuk kategori transaksi material sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Bapepam-LK Nomor IX.E.2 tentang transaksi material dan perubahan kegiatan usaha utama," ujar Sekretaris Perusahaan PT Bakrieland Development Tbk, Erry Djaelani, dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (30/10/2014).

Selain itu, ia menuturkan, transaksi ini juga tidak termasuk kategori transaksi afiliasi sebagaimana dimaksud dalam peraturan Bapepam-LK Nomor IX.E.1 tentang transaksi afiliasi dan benturan kepentingan transaksi tertentu.

"Pemberitahuan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atas perubahan anggaran dasar Bukit Jonggol Asri dan Jungleland Asia sebagaimana disyaratkan dalam UU Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas saat ini masih dalam proses," ujar Erry.

Pada 2010, perseroan dan PT Sentul City Tbk melakukan kerja sama untuk mengembangkan kawasan Bukit Jonggol dengan pelepasan 39 per saham Sentul City di PT Bukit Jonggol Asri kepada PT Bakrieland Development Tbk.

PT Bakrieland Development Tbk akan membeli 1,27 miliar saham dari 1,41 miliar saham baru yang diterbitkan Bukit Jonggol. Saham itu dibeli ELTY senilai Rp 1,9 triliun. Adapun sisa 135 juta saham Bukit Jonggol diambil Sentul City. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.