Sukses

Cerita Menkeu Saat Sidang Kabinet Bersama Jokowi-JK

"Kesannya menarik, sidangnya sangat interaktif jadi tidak hanya presiden dan wakil presiden yang mendominasi," ujar Menkeu Bambang B.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap masa pemerintahan mempunyai suasana sidang kabinet yang berbeda-beda. Namun dalam sidang kabinet pada masa pemerintahan Joko Widodo dinilai lebih menyenangkan dibandingkan pemerintahan sebelumnya.

Setidaknya hal itu yang diakui oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro yang pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan.

"Kesannya yang menarik, sidangnya sangat interaktif. Interaktif artinya tidak hanya semata-mata hanya presiden dan wakil presiden saja yang mendominasi terus menteri-menterinya diam," ujarnya di Kantor Kementerian Keuangan, Jumat (31/10/2014).

Namun yang lebih menarik, lanjut Bambang, adalah ada dialog interaktif dimana Presiden Jokowi selalu memberikan kesempatan kepada menteri yang ingin menyampaikan dan juga langsung bertanya.

"Beliau langsung nanya ke saya soal pajak tadi, APBN nanya ke saya. Menurut saya itu bagus, interaktif dan artinya berusaha memberikan informasi yang terbaru dan yang selengkap mungkin. Jadi menurut saya itu suasana yang bagus, komunikasi menjadi lebih cair," lanjut dia.

Meski pun tidak mengungkapkan secara langsung, namun pada sidang kabinet pemerintahan Jokowi menurut Bambang tidak membuat pada menterinya merasa ketakutan.

"Saya lebih takut kalau didoorstop (diwawancara wartawan). Yang paling penting, kita bisa menyampaikan secara lengkap, orang tuh bisa menyampaikan secara lengkap kalau dia merasa lebih comfortable, kalau dia merasa merasa tertekan, sungkan dia tidak akan bisa keluarkan informasi lengkap, atau diskusi yang panjang. Nah ini bisa," jelasnya.

Mengenai warna pakaian yang harus digunakan saat datang istina yang selama ini banyak didominasi menggunakan kemeja warna putih, Bambang mengatakan tidak tahu alasannya. Menurutnya para menteri hadir sesuai dengan ketentuan undangan untuk sidang, termasuk dalam hal berpakaian.

"Tadi diundangnya, rapat sidang kabinet jam 9 pagi, pakaian warna putih. Masa saya datang pakai pakaian hijau. Di undangannya ditulis pakaian putih," tandas dia. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.