Sukses

Susi Pudjiastuti Geram Setoran Perikanan ke RI Cuma Rp 300 Miliar

Susi Pudjiastuti bakal memberantas para pelaku pencurian ikan yang telah merugikan negara.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti merasa geram melihat laporan penerimaan negara bukan pajak dari sektor perikanan yang hanya Rp 300 miliar. Padahal, subsidi bahan bakar minyak (BBM) untuk kapal yang dikucurkan pemerintah sangatlah besar.

Dia menerangkan, kapal yang terdata di Kementerian Kelautan Perikanan sebanyak 5.329 kapal dengan penggunaan BBM sebanyak 2,1 juta kiloliter (kl).

"Pemerintah subsidi industri Rp 11,5 triliun. PNBP hanya Rp 300 miliar saja. Jelas dirugikan, ini satu hal yang tidak boleh terjadi, kita ingin punya hasil setara," kata dia  Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Susi berjanji akan menata kembali ketentuan yang mengatur hal tersebut supaya memberikan pendapatan yang adil buat negara.

Dia juga bakal  memberantas para pelaku pencurian ikan yang telah merugikan negara.  Dirinya akan menindak tegas pelaku pencurian ikan di perairan Indonesia.  Menurutnya, banyaknya aksi pencurian ikan membuat penerimaan negara dari sektor Kelautan dan Perikanan tak optimal.

Sebanyak 70 persen wilayah Indonesia merupakan wilayah kelautan. Namun, kata Susi potensi tersebut tak tergarap secara maksimal karena belum bisa menyejahterakan para pelaku usaha kelautan dan perikanan. Dia mengatakan akan terbuka atas data KKP, supaya masyarakat juga mendorong perkembangan kelautan dan perikanan tanah air.

"Saya ingin membagi, mem-publish data yang kita punya, supaya semua jadi aktif partisipan," tukas dia. (Amd/Ndw)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.