Sukses

KIS, KIP, KKS Diluncurkan 3 November, Harga BBM Segera Naik?

Presiden Joko Widodo akan meluncurkan program Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan meluncurkan program Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) pada 3 November 2014. Apakah setelah peluncuran ketiga kartu itu, harga BBM langsung naik?

Sebelumnya, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro memastikan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi bakal dilakukan sebelum 1 Januari  2015.

Bambang juga menambahkan, pemerintah baru akan menaikkan harga BBM ketika masyarakat sudah terlindungi. Oleh karena itu, pemerintah akan meluncurkan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Keluarga Sejahtera.

Apakah itu berarti setelah tiga kartu sakti tersebut diluncurkan, harga BBM subsidi akan segera dinaikkan pemerintah? Belum ada konfirmasi mengenai ini.

Menteri  Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani hanya mengatakan, kartu tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sebelumnya. Terlebih, pemerintah berencana menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dalam waktu dekat ini.

"Apalagi ada kegiatan rencana pada tahun ini untuk menaikkan harga BBM subsidi. Kartu ini dapat dinikmati masyarakat sebelum kenaikan harga BBM subsidi yang dilakukan sebelum akhir 2014," kata Puan usai melakukan rapat di kantornya, Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Sedangkan Menteri Sosial Kofifah Indar Parawangsa mengatakan, program yang akan diluncurkan 3 November 2014 tersebut di luar dari insentif kenaikan harga BBM bersubsidi yang akan diberikan untuk mengurangi dampak kenaikan yang dirasakan masyarakat.

"Ini di luar dari itu. Kita programkan dalam DIPA Kementerian Sosial," tuturnya.

Menurutnya, saat ini pemerintah belum membahas insentif yang diberikan untuk masyarakat atas kenaikan harga BBM bersubsidi.

"Pengalihan subsidi BBM belum dibahas, perluasan cakupannya," pungkasnya.

 Apakah kenaikan harga BBM akan dilakukan pekan depan setelah KIS,KIP dan KKS diluncurkan? Kita tunggu saja! (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.