Sukses

Kerjasama Pembelian Minyak Pertama di Era Jokowi

PT Pertamina melakukan kerja sama pembelian minyak dengan Sonangol EP asal Angola terkait pembelian minyak.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore ini menerima kunjungan kenegaraan dari Wakil Presiden Republik Angola‎, H.E. Mr. Manuel Domingos Vicente‎ di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dalam kunjungannya, Wakil Presiden Angola dan Jokowi melakukan tanda tangan perjanjian pembelian minyak dari perusahaan nasional Angola, ‎Sonangol EP yang dilakukan oleh PT Pertamina (Persero).

‎"Hari ini telah di tandatangani, MoU antara Pertamina dengan Sonangol, ini BUMN, satunya lagi juga BUMN, dan ini adalah kerja sama pertama pemerintahan saya‎," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Jokowi berharap kerjasama ini untuk dapat segera direalisasikan mengingat hal itu akan menciptakan efisiensi dalam impor Bahan Bakar Minyak (BBM).

Untuk itu, Jokowi memberikan tenggat waktu untuk Kementerian ESDM bersama PT Pertamina untuk membuat rincian perjanjian mulai dari besaran volume hingga harga yang disepakati.

"Tadi sudah dihitung oleh Pak Menteri dan Dirut Pertamina berapa efisiensi yang kita dapatkan dengan kerjasama ini, karena kita minyak langsung ambil dari produksi, dan produsennya adalah perusahaan nasional di Angola," papar Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Rencananya, wakil presiden Angola masih akan tetap berada di Indonesia selama satu minggu untuk kemudian akan bertemu lagi dengan Kementerian ESDM dan Pertamina menyelesaikan detail perjanjian pembelian minyak tersebut.  (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini