Sukses

PLTG Borang Kembali Pasok Listrik untuk Masyarakat Sumsel

PLTG Borang berkapasitas 100 MW di Sumatera Selatan kini kembali mendapatkan pasokan gas dari PT Medco Energi

Liputan6.com, Jakarta - Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Borang berkapasitas 100 MW di Sumatera Selatan yang sejak 13 Oktober 2014  tidak mendapat gas karena secara kontraktual gas habis, sejak hari ini kembali mendapatkan pasokan gas dari PT Medco Energi.

Hal ini tidak lepas dari peran serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral yang turun tangan mengatasi debotlenecking birokrasi dan menginstruksikan agar kebutuhan gas untuk pembangkit tersebut dipenuhi hari ini juga.

Dengan demikian, PLTG Borang yang sejak pertengahan bulan lalu tidak bisa beroperasi karena tidak ada bahan bakar, mulai hari ini bisa beroperasi kembali dan memasok listrik untuk masyarakat di Sumatera Selatan.

Dengan tambahan pasokan dari PLTG Borang maka kebutuhan listrik di Palembang yang sempat tidak terpenuhi karena adanya gangguan transmisi Lahat - Baturaja pada Jumat 31 Oktober 2014 kini bisa terpenuhi kembali. Beban puncak listrik di Palembang sekitar 460 MW dan beban puncak Sumatera Selatan sekitar 730 MW.

Gas dari PT Medco Energi tersebut akan mengalir bertahap. Hari ini sebesar 8 - 10 mmbtu sehingga bisa mengoperasikan mesin PLTG sebesar 50 MW dan mulai besok direncanakan mengalir sebesar 18 mmbtu dan bisa mengoperasikan 100 MW PLTG Borang.

PLN pun mengapresiasikan atas upaya Menteri ESDM dan PT Medco Energi agar pembangkit listrik kembali berfungsi dan memasok listrik untuk masyarakat di Sumatera Selatan. Padahal masalah administrasi kontrak belum dapat dilakukan pada Minggu 2 November 2014. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.