Sukses

Walikota Risma Imbau Petambak Garam Bentuk Koperasi

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini menghimbau kepada seluruh petambak garam yang berada di Surabay untuk membentuk koperasi.

Liputan6.com, Surabaya - Walikota Surabaya, Tri Rismaharini menghimbau kepada seluruh petambak garam yang berada di Surabay untuk membentuk koperasi. Hal itu dilakukan karena keberadaan koperasi dapat mempermudah akses komunikasi antara petambak garam dengan perusahaan penampung garam.

Imbauan tersebut disampaikannya saat melakukan kunjungan panen raya garam bersama petambak garam di tambak garam di kawasan Romokalisari, Surabaya.

Menurut wanita yang akrab disapa Risma ini, akan sulit bagi petambak garam untuk bisa menjalin hubungan baik dengan pihak perusahaan jika masih berjalan sendiri-sendiri. Karena itu, perlu adanya wadah bagi petani garam.

"Kita bentuk koperasi. Melalui koperasi ini, saya nanti bisa hubungkan dengan perusahaan. Kan ndak mungkin pabrik berhubungan dengan orang per orang. Makanya harus dibentuk koperasi," tuturnya ditulis Senin (3/11/2014).

Momen panen raya garam tersebut memang seperti menjadi kesempatan bagi para petambak garam untuk menyampaikan permasalahan yang mereka hadapi kepada walikota. saat sesi dialog dengan walikota, satu demi satu petambak garam menyampaikan keluh kesah dan pertanyaan kepada walikota perempuan pertama di Kota Surabaya ini.

Diantaranya perihal air yang tersumbat karena adanya pelengsengan dan saluran air yang macet. Ada juga petambak garam yang mengeluhkan terpal untuk tambak garam mereka.

"Monggo panjenengan tulis semua permasalahan apa yang mau disampaikan. Nanti akan kita selesaikan," imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kota Surabaya, Djoestamadji mengatakan, pihaknya akan segera berkordinasi dengan dinas terkait untuk menindaklanjuti arahan dari walikota. Diantaranya dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Koperasi dan UKM perihal pembentukan koperasi bagi petambak garam.

"Ini masih saya pelajari. Sebenarnya kami sudah ada pembicaraan dua kali dengan Dinas Koperasi perihal pembentukan koperasi. Juga terkait siapa nanti dari petambak garam yang mau menjadi pengurus," ujarnya.

Dia juga mempunyai program yang jelas untuk petambak garam di Kota Surabaya pada tahun 2015 mendatang. Mulai dari awal pembuatan garam hingga pasca panennya.

"Termasuk juga pembuatan sarana dan pra sarananya. Khusus untuk kesiapan infrastruktur, kita akan bekerja sama dengan Dinas Pekerjaa Umum Bina Marga," tandas, mantan Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya ini.

Sebelum panen garam, perwakilan dari Paguyuban Petani Garam menyampaikan bahwa penerapan teknik membuat produktivitas garam rata-rata mencapai 120-150 ton per hektar dengan harga Rp 400-450 perkilogram.

“Jadi, kualitas garam yang dihasilkan juga jauh lebih bersih dan lebih baik. Untuk itu, saya mewakili petambak garam, menyampaikan terima kasih kepada Bu Risma dan juga Dinas Pertanian Kota Surabaya yang telah memberikan perhatian kepada kami” ujarnya singkat. (Dian Kurniawan/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.