Sukses

Manchester United vs Manchester City, Mana Lebih Kaya?

Manchester United boleh saja kalah melawan Manchester City di lapangan. Tetapi, tidak demikian untuk urusan kekayaan.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United (MU) memang kalah dalam derby melawan rival sekotanya, Manchester City, di Stadion Etihad pada Minggu (2/11/2014).

Meskipun begitu, apakah MU juga masih kalah dari rival sekotanya di bidang lain, misalnya dalam hal kekayaan klub. Ingin tahu bagaimana perbandingan kekayaan kedua klub ini?. Masihkah The Citizens mengungguli The Red Devils?, berikut ulasan Liputan6.com dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemasukan Tahun Lalu

Menurut data yang dikutip dari Forbes (3/11/2014), musim lalu MU berhasil mendapat keuntungan bersih sebesar US$ 551 juta atau sekitar Rp 6,66 triliun (asumsi kurs Rp 12.095 terhadap dolar Amerika Serikat). Sedangkan rivalnya, Manchester City, hanya berhasil mengumpulkan keuntungan sebesar US$ 411 juta.

3 dari 4 halaman

Sumber Pendapatan

Sumber pendapatan kedua klub secara garis besar terbagi dalam 4 kelompok. Yaitu, pendapatan dari jasa komersial, penjualan tiket, penyiaran dan merek dagang.

Sumber pendapatan Setan Merah dari pemasukan komersial seperti iklan sebesar US$ 944 juta, penjualan tiket pertandingan sebesar US$ 760 juta, royalti penyiaran sebesar US$ 708 juta dan merek dagang sebesar US$ 399 juta.

Sedangkan, sumber pendapatan Manchester City terbesar berasal dari pemasukan komersial sebesar US$ 364 juta, disusul dengan penjualan tiket pertandingan sebesar US$ 113 juta, penyiaran US$ 253 juta dan merek dagang sebesar US$ 132 juta.

4 dari 4 halaman

Total Kekayaan

Dari pemasukan tersebut, Manchester United jauh mengungguli rival sekotanya dalam hal kekayaan. MU tercatat memiliki kekayaan sebanyak US$ 2,810 miliar.

Sedangkan Man City hanya memiliki kekayaan sebesar US$ 863 juta. Jumlah kekayaan ini menempatkan MU berada di posisi ke-3 klub terkaya dunia di bawah Real Madrid dan Barcelona. Sedangkan Man City hanya bertengger di posisi ke-7 di bawah Chelsea dan satu tingkat di atas AC Milan.

Meskipun kalah dalam total kekayaan, Manchester City dapat berbangga dalam hal hutang klub. Pasalnya, Man City tidak tercatat memiliki utang. Sementara MU memiliki utang 19 persen dari total kekayaan yang dimilikinya. (Rio/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir

    Manchester City

Video Terkini