Sukses

Bill Gates Sumbang Triliunan Rupiah Buat Perangi Malaria

Bill Gates meluncurkan dana bantuan senilai US$ 500 juta atau Rp 6,06 triliun (kurs: untuk memerangi penyakit malaria.

Liputan6.com, New York - Kaya raya dan hidup bergelimang harta tak menutup hati para miliarder untuk berbagi. Kini giliaran Bill Gates yang meluncurkan dana bantuan senilai US$ 500 juta atau Rp 6,06 triliun (kurs: Rp 12.110/US$) untuk memerangi penyakit malaria.

Mengutip laman Forbes, Selasa (4/11/2014), sebelumnya yayasan amal Gates telah menyumbangkan uang senilai US$ 50 juta untuk memerangi Ebola.

"Cara terbaik untuk mengatasi berbagai tantangan kesehatan adalah dengan mendedikasikan diri kita mengurangi hambatan global terhadap penyakit menular," ungkap Gates.

Lebih dari US$ 150 juta dari donasi tersebut akan disalurkan pada PATH Malaria Vaccine Initiative, program pengembangan vaksin dunia. Sementara sekitar US$ 60 juta akan mengalir pada Drugs for Neglected Diseases Initiative, lembaca penelitian obat-obatan.

Selain itu US$ 49 juta akan membantu para peneliti mengembangkan vaksin untuk bakteri penyebab diare. Dan sekitar US$ 29 juta akan mengalir ke Clinton Health Access Initiative yang melawan malaria di Afrika Selatan dan Asia Tenggara.

Donasi US$ 500 juta tersebut dialirkan Gates setelah menyumbang US$ 50 juga untuk memrangi Ebola. Gates merupakan salah satu miliarder yang berani menyumbangkan uang hingga triliunan rupiah untuk membantu mengentaskan Malaria.

Dia mengatakan, 4.941 orang meninggal karena Malaria di Liberia dan Sierra Leone.Yayasannya berhasil mengumpulkan dana hingga US$ 200 juta dan Gates memprediksi eradikasi malaria global dalam waktu dekat. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini