Sukses

Harga Properti Jakarta Naik Paling Tinggi di Dunia

Di tengah lambatnya pertumbuhan harga properti, Jakarta justru menjadi kota dengan lonjakan harga properti mewah paling tinggi di dunia.

Liputan6.com, New York - Pertumbuhan harga real estate murah di kota-kota besar di seluruh dunia tampak melambat pada kuartal III 2014 akibat proyeksi ekonomi global yang melemah. Di tengah perlambatan tersebut, Kota Jakarta justru muncul sebagai kota dengan lonjakan harga properti mewah paling tinggi di dunia.

Mengutip laporan Knight Frank Prime Global Cities Index dari CNBC, Rabu (5/11/2014), dalam 12 bulan terakhir, Jakarta merupakan kota dengan pergerakan harga properti mewah terbaik. Nilai jual real estate mewah di Jakarta naik sekitar 27 persen hingga Juni.

Sebaliknya, Singapura justru menunjukkan pelemahan terparah. Harga properti di Singapura tercatat turun 10 persen tahun ini hingga September.

"Pergerakan harga properti yang stagnan ini karena di kuartal ketiga sebagian besar kota besar tengah menjalani liburan musim semi. Memang di waktu tersebut kegiatan penjualan properti mewah cenderung melambat," ungkap Head of International Residential Research for Knight Frank, Everett-Allen.

Panggung ekonomi dan politik global juga ikut berkontribusi pada perlambatan pertumbuhan harga properti mewah di berbagai kota besar. Prospek pengetatan kebijakan moneter di Amerika Serikat serta indikator ekonomi negatif dari Eropa juga turun berkontribusi.

Sekadar informasi, Knight Franx menelusuri pergerakan harga-harga hunian mewah di 33 kota besar di dunia. Sejauh ini, harga properti mewah tercatat hanya tumbuh 0,2 persen pada periode Juli - September 2014, dan merupakan laju pertumbuhan harga terlambat dalam dua tahun terakhir. (Sis/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini