Sukses

Jose Mujica, Presiden Termiskin yang Anggap Uang Tak Penting

Kehidupan Mujica sangat jauh dari kilauan harta dan kekayaan. Dengan gaji yang sangat kecil, dia bahkan didaulat sebagai presiden termiskin.

Liputan6.com, New York - Berjas dan berpenampilan serba ekslusif biasanya dapat Anda lihat dari sosok presiden di berbagai negara. Uniknya, tampilan tersebut akan jarang Anda lihat dari Presiden Uruguay, Jose Mujica.

Kehidupan Mujica sangat jauh dari kilauan harta dan kekayaan. Dengan gaji yang sangat kecil, dia bahkan didaulat sebagai presiden termiskin di dunia.

Gaji Mujica bahkan tercatat berjumlah 33 kali lipat di bawah pendapatan Barack Obama yang juga menjabat sebagai presiden di Amerika Serikat. Mujica tak pernah mempermasalahkan gajinya tapi tetap bekerja keras dan melakukan banyak perubahan di negaranya.

Berapakah gaji presiden Uruguay tersebut hingga membuatnya mendapat julukan presiden termiskin di dunia? Berikut ulasannya seperti dikutip dari The Richest, BBC News, News.com.au dan sejumlah sumber lain, Rabu (5/11/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dipenjara 14 tahun

Jose Mujica pernah dipenjara 14 tahun

Presiden Uruguay Jose Mujica lahir pada 1935. Saat aktif terlibat dalam kelompok gerilya sayap kiri di Uruguay,Tupamaros, Mujica akhirnya ditangkap pada akhir 1960-an.

Mujica akhirnya dijebloskan ke dalam penjara selama 14 tahun di penjara dan dibebaskan dengan amnesti pada 1985. Mujica lantas melanjutkan ketertarikannya di bidang politik dengan membentuk partai MPP.

Pada pemilihan umum 1994, Mujica terpilih sebagai deputi dan lima tahun kemudian berhasil menjadi anggota senat. 10 tahun kemudian, MPP berhasil menjadi partai terbesar di negaranya.

Selang setahun, Mujica berhasil menjadi Menteri Pertanian dan pada 2006 diangkat sebagai presiden dengan perolehan suaran lebih dari 48 persen.

3 dari 4 halaman

Hidup sederhana

Kehidupan sederhana Presiden Uruguay

Mujica bahkan tinggal di rumah yang hanya memiliki sati kamar. Di rumah tersebut dia tinggal bersama sang istri selama lebih dari 30 tahun.

Bicara soal gaya hidup, kesederhanaannya berbanding terbalik dengan kehidupan para pimpinan negara di berbagai tempat. Dia juga terkenal sangat murah hati dan sering memberikan sumbangan pada masyarakat.

Mantan pejuang gerilya pertama yang berhasil menjadi presiden ini juga tak mendapatkan pengamanan berarti dan hanya didampingi dua petugas kepolisian saat bepergian. Mujiga juga mengendarai mobil kuno saat menjalankan tugasnya sebagai presiden.

4 dari 4 halaman

Uang tak penting


Uang tak penting untuk Mujica

Gajinya sangat kecil jika dibandingkan presiden lain seperti Barack Obama yang mencapai US$ 400 ribu per tahun. Dirinya hanya dibayar sekitar US$ 12 ribu sebagai presiden dan memberikan sekitar 90 persen dari gajinya untuk sumbangan.

Dia menganggap uang bukan sebagai hal yang penting. Meski dijuluki sebagai presiden termiskin tapi dia tidak merasa telah hidup di tengah kemiskinan.

Presiden paling miskin di dunia ini juga tak tanggung-tanggung melayangkan kritik keras jika menemukan pemborosan uang negara yang seharusnya tidak dilakukan.

Mujica juga dikenal sebagai sosok pemimpin yang tak takut berkata jujur. Meski dengan gaji kecil tapi Mujica mampu membuat sejumlah gebrakan dalam hidupnya seperti melegalkan pernikahan sesama jenis hingga aborsi.

Dia justru tampak sangat kaya karena sosoknya yang rendah hati dan penampilannya yang sederhana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.