Sukses

Menteri PAN-RB Tampung Ribuan Pengaduan dari Masyarakat

Selang sepekan usai mengumumkan akses pengaduan masyarakat, Yuddy kini diberondong ribuan pengaduan. Apa saja laporan yang berhasil didapat?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah nomornya tersebar dan menerima banyak masukan dari masyarakat, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi lantas mengumumkan beberapa layanan pengaduan dan informasi yang bisa diakses masyarakat luas. Hanya dalam sepekan, Yuddy telah menerima ribuan pengaduan dari masyarakat di seluruh Indonesia.

"Pengaduan sebagian besar terkait seleksi CPNS, penanganan K1 dan K2, pelayanan publik terutama menyangkut KTP, pendidikan dan pertanahan," terang Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan-RB Herman Suryatman melalui pesan singkat pada Liputan6.com, seperti ditulis Jumat (7/11/2014).

Dia menjelaskan situs pengaduan KemenPAN-RB yang bisa diakses melalui alamat www.siduta.mwnpan.go.id, tercatat telah menerima 2.346 pengaduan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 744 pengaduan telah diproses.

Sementara 1.548 pengaduan lainnya masih dalam proses. Meski begitu, masih ada 54 pengaduan yang belum diurus sejak masuk pada periode Januari hingga Oktober 2014.

Sementara melalui layanan email halomenpan@menpan.go.id, Yuddy telah menampung sekitar 79 pengaduan dan 65 diantaranya telah selesai diproses. Tak hanya melalui akses internet, KemenPAN-RB juga menerima 307 pengaduan masyarakat melalui pesan singkat (Short Message Service/SMS).

Hingga saat ini, 275 pesan pengaduan via SMS telah diproses. Sementara 7 lainnya tidak akan diproses karena informasi yang diberikan tidak lengkap.(Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.