Sukses

Data Potensi Gas Pertamina dan Total di Blok Mahakam Berbeda

Negara berpotensi memperoleh pendapatan mencapai US$ 1,47 miliar dengan cadangan blok Mahakam mencapai 8-10 triliun cubic feet (TcF).

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) dan PT Total  E&P  Indonesie memiliki data potensi cadangan minyak dan gas (migas) blok Mahakam yang berbeda.

Direktur Eksekutif Indonesian Resource Studies (IRESS) Marwan Batubara menyatakan,  berdasarkan data Pertamina blok Mahakam diprediksi masih memiliki cadangan gas bumi mencapai 8-10 triliun cubic feet (Tcf).

Sedangkan berdasarkan data Total E&P Indonesie, blok  yang terletak di Kalimantan Timur itu hanya memiliki cadangan gas bumi sebesar 2 Tcf.

"Tidak betul kalau ada yang bilang cadangan gas Blok Mahakam cuma 2 Tcf. Kalau cuma 2 Tcf kenapa Total ngotot untuk minta perpanjangan?," kata Marwan, di gedung Nusantara V, DPR, Jakarta, Senin (10/11/2014).

Marwan mengungkapkan, cadangan blok Mahakam 8-10 Tcf, negara berpotensi memperoleh pendapatan bersih mencapai US$ 1,47 miliar atau berkisar Rp 16 triliun per tahun.

Cadangan tersebut diyakini mampu mendatangkan pendapatan Rp 400 triliun-Rp 500 triliun setelah dikurangi biaya cost recovery dan bagi hasil produksi kepada kontraktor.

"Bagian pemerintah 60 persen, kontraktor 18 persen, IRR (internal rate return-nya 28 persen," kata Marwan.

Seperti diketahui,  Blok Mahakam saat ini dikelola oleh PT Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation sejak 1997 dan akan habis kontrak pada 2017. PT Pertamina berharap kontrak Total di blok Mahakam tidak diperpanjang dan dialihkan ke Pertamina. Namun, saat ini pemerintah belum menunjukan sikap. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini