Sukses

Serikat Pekerja: Jangan Asal Sembarang Pilih Dirut Pertamina

Menteri BUMN Rini Soemarno dikabarkan menggelar tahapan uji fit and proper terhadap para calon Direktur Utama Pertamina.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah diminta secara profesional menunjuk calon Direktur Utama PT Pertamina (persero) pengganti Karen Agustiawan. Saat ini Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper tes) Dirut Pertamina.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Migas Indonesia (KSPMI) Faisal Yusra menegaskan, calon Dirut Pertamina harus diduduki orang yang memiliki latar belakang migas, yang mengerti soal teknis dalam rangka mengekspansi dan menambah cadangan BBM. 

"Jangan kita kembali pada ungkapan Laksamada Sukardi, jaman dulu bahwa 'Monyet' pun memimpin Pertamina untung. Itu berbahaya, artinya suka-suka siapa saja yang menjadi direksi Pertamina itu,"cetus Faisal di Jakarta, Selasa (11/11).

Adapun nama yang disebut sedang menjalani uji kepatutan dan kelayakan Dirut Pertamina, antara lain Budi Sadikin (Dirut Bank Mandiri), Sunarso, (Direksi Bank Mandiri), Zulkifli Zaini (Mantan Dirut Bank Mandiri), Fahmi Muhtar (Mantan Dirut PLN), Dwi Sucipto, (Dirut Semen Indonesia), dan Rinaldi Firmansyah (Mantan Dirut Telkom).

Untuk nama terakhir, Faisal mengkritisinya karena dinilai tak punya dasar di bidang bisnis migas. Padahal, pekerja menginginkan seseorang yang sedikit banyak sudah paham budaya kerja di sektor migas

"Jadi pekerja migas kami hanya bisa melihat dari apa yang dilakukan di migas, aspek berhubungan dengan migas, kami tidak punya track record dia,"sambungnya. 

Menteri BUMN Rini Soemarno dikabarkan menggelar tahapan uji fit and proper terhadap para calon Direktur Utama Pertamina. Untuk melakukan uji fit and proper, Menteri BUMN Rini Soemarno dikabarkan menunjuk PT Daya Dimensi Indonesia (DDI), perusahaan manajemen konsultan untuk memberikan penilaian calon direksi Pertamina.

Di sela penunjukan ini, tersiar kabar jika penunjukan tersebut karena pemilik DDI mempunyai kedekatan dengan keluarga Soemarno atau milik kolega adik kandung Menteri BUMN, Rini Soemarno, yaitu Ongki P Soemarno.
 
Menanggapi hal itu, ‎founder dan pemilik PT Daya Dimensi Indonesia Rozan Anwar mengungkapkan bahwa perusahaannya tidak ada aviliasi dengan keluarga Menteri BUMN itu.
 
"PT Daya Dimensi Indonesia dengan ini menyatakan tidak memiliki hubungan kepemilikan saham secara langsung maupun tidak langsung dengan pejabat Kementerian BUMN,"‎ kata Rozan dalam keterangannya, Selasa (11/11/2014).(Nrm)
 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini