Sukses

6 Tren Pola Kerja Pegawai Kantoran di Masa Depan

Perkembangan teknologi ternyata berperan besar pada perubahan kehidupan pegawai di kantor. Seperti apa tren pegawai di masa depan?.

Liputan6.com, New York - Perkembangan zaman dan teknologi ternyata berperan besar pada perubahan jalur karir dan kehidupan pegawai di kantor. Berbagai perubahan akan membuat para pegawai berevolusi dan menciptakan tren baru di dunia kerja.

Mengutip laman Forbes, Rabu (12/11/2014), di masa depan, pola kerja akan berubah, begitu pula dengan tren di kalangan para pegawai.

Dengan perkembangan teknologi, para pegawai bahkan akan memiliki alat komunikasi baru yang jauh lebih efisien daripada email.

Tak hanya itu, kecanggihan internet juga bisa membuat para pegawai bekerja dari rumah atau di manapun dirinya berada. Berikut enam tren pegawai kantoran di masa depan:

1. Memiliki suasana kerja yang fleksibel

Di masa depan, para pegawai tak perlu lagi bekerja di kantor. Bekerja di kantor berarti para pegawai harus mengalami macet hingga duduk puluhan jam.

Nantinya, para pegawai dapat bekerja dari mana saja selama dirinya terhubung dengan internet.

2. Bekerja seperti bermain

Ke depan, para pegawai dapat menyesuaikan pekerjaan sesuai keinginannya. Konsep dasar seseorang hanya memiliki satu peran dalam karir jangka panjang tak akan lagi berlaku.

Para pegawai bisa membentuk jalur karirnya dan memilih proyek yang diinginkannya. Bekerja seperti memilih permainan petualangan sendiri dan mencari cara menuntaskannya.

3. Berbagi informasi jadi budaya kerja

Jika biasanya gagasan kerja di sebuah perusahaan menjadi milik pencetusnya semata. Ke depan, mental kerja yang berlaku adalah berbagai informasi.

Para pegawai harus berbagi informasi dan menggunakan teknologi kolaboratif untuk sukses dan menumbuhkan karirnya.

4. Menggunakan alat baru untuk bekerja

Email nantinya tak akan lagi menjadi alat paling efektif dan efisien untuk berkomunikasi. Banyak teknologi baru yang akan menggantikan email sebagai alat komunikasi utama dalam beberapa kondisi tertentu.

5. Semua pegawai punya peluang jadi atasan

Untuk pertama kalinya dalam sejarah bisnis para pegawai memiliki peluang unik untuk menjadi pimpinan perusahaan. Semua bisa dilakukan dengan sering berbagi gagasan dan memberikan masukan secara transparan pada manajer dan pejabat eksekutif.

6. Bekerja sambil belajar

Para pegawai di masa depan dapat bekerja sambil belajar dan para atasan tidak lagi mempekerjakan pegawai yang sudah handal di bidangnya. Sejauh ini, pengetahuan merupakan sebuah komoditas.

Padahal yang lebih berharga daripada pengetahuan adalah kemampuan mempelajari hal baru dan menerapkannya sambil bekerja. Begitulah yang akan menjadi fokus pada pegawai di masa depan, belajar untuk belajar dan belajar untuk bekerja. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini