Sukses

Didukung Penguatan Jepang, Bursa Asia Menghijau

Indeks MSCI Asia Pasifik menguat 0,3 persen ke level 141,38 pada pukul 09.02 waktu Tokyo, Jepang.

Liputan6.com, Singapura - Saham-saham di kawasan Asia Pasifik (Bursa Asia) melanjutkan penguatan sejak awal minggu. penguatan tersebut didorong oleh menghijaunya bursa Jepang karena mata uang yen terus terdepresiasi ke level terendah dalam tujuh tahun ini.

Mengutip Bloomberg, Rabu (12/11/2014), Indeks MSCI Asia Pasifik menguat 0,3 persen ke level 141,38 pada pukul 09.02 waktu Tokyo, Jepang.

Indeks Topix Jepang menguat 0,8 persen. Sehari sebelumnya, Bank of Japan meningkatkan stimulus dan Lembaga Dana Pensiun Negara juga akan meningkatkan kepemilikan saham di dalam negeri.

Indeks Kospi Korea Selatan hanya sedikit bergerak. Indeks IZX 50 Selandia Baru naik 0,2 persen dan Indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,5 persen.

Perdana Menteri Jepang Shonzo Abe sedang mempertimbangkan untuk menunda kenaikan retribusi dengan menunda rencana kenaikan pajak penjualan.

"Pasar sedang menikmati kenaikan saham-saham di Jepang karena sentimen positif dari Bank of Japan dan juga penundaan kenaikan pajak penjualan," jelas Analis Pangana Capital, Melburne, Australia, Tim Schroeders. Perdana Menteri Jepang saat ini sedang menggalang dukungan dalam persiapan pemilihan umum.

Selain itu, investor sedang menungggu laporan pertumbuhan ekonomi kuartal III Jepang yang rencananya akan diumumkan pada 17 November nanti. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini