Sukses

Pengusaha AS & RI Kumpul Bahas Investasi di Era Jokowi

Pertemuan bisnis tersebut akan membahas mengenai kebijakan yang mampu mempercepat investasi dan pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Paska pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) di APEC 2014, Beijing, AmCham Indonesia, Kamar Dagang Amerika Serikat (AS) mempertemukan investor-investor AS yang berbasis di Tanah Air dengan pemerintah baru, Kamar Dagang (Kadin) Indonesia dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Pertemuan bisnis tersebut akan membahas mengenai kebijakan yang mampu mempercepat investasi dan pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Wakil Ketua sekaligus Kepala Hubungan Internasional dari Kamar Dagang AS, Myron Brilliant, mengungkapkan, salah satu topik antara pelaku bisnis AS, Kadin, Apindo terkait berbagai tantangan dalam membuka kesempatan investasi yang lebih besar.

"Perusahaan AS saling bahu membahu bersama aparat pemerintah dan pelaku usaha Indonesia dalam menciptakan lapangan kerja, mendorong perkembangan teknologi baru, membangun infrastruktur, membantu perkembangan perusahaan baru di dalam negeri," jelas dia saat acara U.S-Indonesia Investment Summit, di Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Brilliant menilai, dengan bertugasnya kabinet baru, Presiden Jokowi menekankan ambisi menggapai pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 7 persen per tahun di 2018.

Pertumbuhan PDB Indonesia telah menurun ke angka sekira 5,1 persen pada kuartal IV 2014. "Investor AS bersemangat untuk bekerja dengan Presiden Jokowi dan membantu target pertumbuhan ekonomi beliau," ucapnya.

Berdasarkan studi Partners in Prosperity : US Investment in Indonesia, sejak 2004 hingga 2012, investasi asing langsung AS mencapai US$ 65 miliar. Dengan jumlah investasi tersebut, pebisnis AS merupakan investor terbesar di Indonesia.

"Jika iklim investasi Indonesia cukup kondusif, maka lima tahun mendatang diperkirakan ada tambahan investasi baru sebesar US$ 61 miliar," ucap Managing Director AmCham Indonesia, Andrew White.

U.S-Indonesia Investor Summit dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim Indroyono Soesilo, Ketua Umum Apindo Sofyan Wanandi, Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto, dan masih banyak lainnya. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pengusaha adalah orang pribadi atau badan yang kegiatan usaha atau pekerjaannya melakukan usaha perdagangan.

    Pengusaha

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin