Sukses

China Kerja Sama dengan Hong Kong Garap Bisnis di ASEAN

Tingginya peluang bisnis di ASEAN termasuk Indonesia membuat China perlu bekerjasama dengan Hong Kong menggarap bisnis di wilayah tersebut

Liputan6.com, Hong Kong - Melihat tingginya peluang bisnis di negara-negara ASEAN termasuk Indonesia, China disarankan untuk bekerjasama dengan Hong Kong menggarap bisnis di kawasan tersebut. Demikian disampaikan Presiden Kamar Dagang China Jonathan Choi mengingat Hong Kong telah lama berperan sebagai jembatan penghubung antara China dan ASEAN.

Hong Kong yang juga tengah gencar meningkatkan bisnis dan jaringan dagangnya di ASEAN menjadi alasan lain bagi Jonathan, menyarankan China untuk bekerjasama dalam membenamkan modalnya di kawasan tersebut.

"Jika China bekerjasama dengan perusahaan di Hong Kong akan mengurangi kendala investasi dan meningkatkan prospek kesuksesan usaha bersama," tuturnya seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (13/11/2014).

Itu berarti, peningkatan kerjasama ASEAN dengan Hong Kong juga akan berdampak pada pengembangan ekonomi China.

Selama ini kerjasama bisnis antara China-ASEAN berkisar antara perdagangan barang dan jasa serta investasi. Presiden Kamar Dagang China Jonathan Choi mengatakan, Hong Kong juga menikmati keuntungan dari tiga kerjasama utama tersebut.

Sementara itu, perdagangan bilateral antara Hong Kong dan ASEAN meningkat rata-rata 9,5 persen per tahun dalam 10 tahun terakhir.

Sebagai pusat perdagangan dan finansial internasional, Hong Kong juga memiliki jaringan pasar yang menyediakan berbagai prroduk barang dan jasa pada para investor dan konsumen di seluruh dunia. Dia menjelaskan, 10 negara anggota ASEAN termasuk Indonesia merupakan rekan dagang kedua terbesar bagi Hong Kong. (Sis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations.

    ASEAN

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

Video Terkini