Sukses

9 Tips Sukses Memulai Bisnis Idaman

Bagaimana memulai sebuah bisnis agar berhasil? Berikut tips jitu dari salah satu pebisnis sukses dari Australia.

Liputan6.com, Jakarta - Memulai sebuah bisnis bukan berkara gampang. Banyak orang yang gagal karena salah menerapkan strategi dalam membangun bisnis. Untuk itu, dalam hal ini sangat baik untuk mempelajari kiat sukses dari mereka yang telah berhasil membangun bisnisnya.

Salah satu pebisnis sukses adalah Gabby Leibovich, salah satu pendiri The Catch Group, perusahaan jual beli online yang cukup besar di Australia. Bagaimana dia membangun bisnisnya? Berikut 9 tips jitu dari Leibovich seperti dilansir dari Business Insider, Kamis (13/11/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Eksekusi Segera

1. Ekseskusi secepatnya

Ide besar hanyalah awalan, sedangkan eksekusi adalah kunci untuk membuat bisnis yang besar. Menurut Leibovich, kunci sukses perusahaannya adalah mengeksekusi ide secepatnya.

2. Buat win-win solution dengan pemasok

Tanpa pemasok, Anda bukan apa-apa "Pikirikan bahhwa pemasok adalah bagian dari bisnis Anda dan pastikan untuk menyelesaikan transaksi dengan baik," demikian kata Leibovich.

3. Selalu cari cara baru untuk puaskan konsumen

Pembeli adalah raja, tanpa mereka perusahaan Anda tidak akan berhasil. Carilah cara agar konsumen selalu kembali ke perusahaan Anda di masa mendatang.

3 dari 4 halaman

Work Hard, Play Hard

4. Work hard, play hard

Tidak ada kesuksesan yang diraih dengan kemalasan. Di perusahaannya, Leibovich menerapkan budaya saling menghargai. Hal ini membuat orang-orang lebih produktif. Selain itu, di perusahaan ini juga dibangun sarana seperti gym dan lapangan basket.

5. Selalu tularkan kata-kata positif

Layanan pelanggan yang baik adalah yang ramah. Selain itu, mencoba untuk terus berkomunikasi dengan pelanggan juga hal yang perlu dilakukan. Perusahaan Leibovich menerapkan hal tersebut dengan memberikan layanan telepon dan online chat lebih banyak.

6. Dengarkan opini orang lain

Jangan pernah menjadi diktator. Perusahaan Leibovich dibangun dengan tradisi yang egaliter sehingga semua orang bebas berpendapat.

4 dari 4 halaman

Ciptakan Kultur Kekeluargaan

7. Ciptakan kultur kekeluargaan

Menciptakan kultur kekeluargaan adalah salah satu kunci membangun perusahaan yang sukses. Sama dengan keluarga, perusahaan akan maju dengan cinta di dalamnya.

8. Buat nyaman di tempat kerja

Perusahaan Leibovich tidak mengenal baju formal. Semua orang bebas mengenakan baju apapun yang disukainya. Bagi Leibovich, tempat kerja bukanlah pesta pernikahan sehingga tidak perlu baju formal.

9. Bersikap baik dan rendah hati

Kunci bisnis terakhir yang diberikan Leibovich adalah selalu bersikap baik dan rendah hati. Dengan rendah hati dan baik, maka Anda akan disukai banyak orang. (Rio/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini