Sukses

BI Prediksi Penyaluran Kredit Tumbuh 17% pada 2015

"Target itu akan sejalan dengan pertumbuhan ekonomi pemerintah yang pada 2014 diperkirakan sedikit membaik," ujar Deputi Gubernur BI Halim A

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan kredit untuk industri perbankan akan dipatok di angka 15-17 persen pada 2015.

Deputi Gunernur Bank Indonesia, Halim Alamsyah mengungkapkan pertumbuhan kredit tersebut akan lebih tinggi dibandingkan realisasi tahun ini yang diperkirakan akan di bawah angka tersebut.

"‎Target tersebut akan sejalan dengan pertumbuhan ekonomi pemerintah yang pada 2014 diperkirakan sedikit membaik," tegas Halim di Gedung Bank Indonesia, Kamis (13/11/2014).

‎Adapun target pertumbuhan ekonomi pemerintah yang sudah dicantumkan dalam RAPBN 2015 adalah 5,8 persen. Selain itu, Halim menambahkan ada beberapa bank yang memiliki kinerja kredit yang kurang diharapkan pada kuartal III 2014. Bank-bank yang mengalami perlambatan tersebut adalah Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) III dan BUKU IV.

‎"Secara yoy kredit BUKU III hanya 9,09 persen, kalau kredit di BUKU IV itu hanya 10,9‎ persen," kata dia.

Untuk kategori BUKU I dan BUKU II juga mengalami perlambatan, hanya saja pertumbuhannya masih lebih tinggi dibandingkan kategori dua bank sebelumnya. Bank BUKU I sendiri mencatat pertumbuhan kredit sebesar 19,1 persen, sedangkan BUKU II kreditnya mampu tumbuh 14,75 persen.

‎"Kalau dilihat dari sisi risiko, memang secara nasional risiko kredit dalam tren meningkat dengan kata lain NPL agak meningkat, kenaikan NPL terutama dari sekor industri pengagkutan dan pertambangan," pungkas Halim.

Meski begitu secara rata-rata, tingkat risiko kredit masih tetap terjaga di bawah batas risiko yang ditetapkan Bank Indonesia yaitu sebesar 5 persen. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.