Sukses

6 Pebisnis Sukses yang Pernah Gagal dalam Karir

Beberapa pebisnis sukses ini ternyata pernah gagal dalam hidupnya.

Liputan6.com, New York - Seseorang tidak akan mencapai sukses dengan mudah. Jatuh bangun adalah hal yang biasa dalam berbisnis. Bahkan, kegagalan bisa saja terjadi berkali-kali.

Begitu juga dengan beberapa orang yang saat ini dikenal sebagai pebisnis kelas dunia. Mereka, dalam perjalanannya pun pernah gagal. Bukan hanya sekali, orang sukses pun berkali-kali mengalami kegagalan.

Bedanya, setelah mengalami kegagalan orang sukses tidak pernah menyerah dan tetap fokus pada tujuan. Akhirnya, dengan kerja keras dan ketekunan, mereka akhirnya dapat menggapai mimpinya.

Siapa saja orang-orang tersebut? Berikut ulasannya seperti dilansir oleh American Express pada Sabtu (15/11/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendiri Sony-FedEX

1. Aiko Morita

Aiko Morita adalah pendiri Sony, salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Sebelum menjadi perusahaan sebesar seperti saat ini, Sony sama sekali tidak menjanjikan. Produk pertama yang dijual Sony adalah rice cooker yang pada praktiknya justru sering menghanguskan nasi.

Perkembangan Sony yang spektakuler terjadi pada 1970-an. Ketika itu Akio Morita punya mimpi membuat alat pemutar musik portable yang bisa dibawa ke mana-mana dengan speaker terpasang di telinga. Lalu lahirlah Walkman yang mendorong bisnis Sony hingga berkembang menjadi perusahaan elektronik raksasa di dunia.

2. Fred Smith

Anda pasti tahu FedEx, sebuah perusahaan terbesar di dunia yang bergerak di bidang pengiriman barang. Fred Smith yang lahir pada 1944 ini adalah pendirinya. Saat kuliah di Universitas Yale, idenya mendirikan perusahaan antar barang membuatnya mendapat nilai jelek dan juga dicibir banyak orang, termasuk dosennya sendiri.

3 dari 4 halaman

Pendiri KFC-Ford

3. Kolonel Sanders

Anda pasti tahu KFC kan? Perusahaan dengan menu andalan ayam ini terkenal di seantero dunia. Kolonel Sanders adalah otak di balik perusaan tersebut. Sebelum diterima orang, resep ayam gorengnya pernah ditolak lebih dari 1.000 kali oleh restoran.

4. Henry Ford

Sebelum sukses dengan perusahaan Ford Motor Company, Henry Ford telah mendirikan dua perusahaan dan keduanya bangkrut. Saat ini, tidak ada yang tidak mengenal Henry Ford.

Mungkin, tanpa penemuan Henry Ford, harga mobil masih mahal dan belum bisa menembus pasar menengah ke bawah.

 

4 dari 4 halaman

Pendiri Walt Disney-Bill Gates

5. Walt Disney

Walt Disney merupakan nama panggilan dari Walter Elias Disney seorang pengusaha besar di Amerika Serikat (AS), yang juga berperan sebagai animator, produser, sutradara, penulis naskah dan pengisi suara.

Disney mengejar karirnya dengan mendirikan sebuah perusahaan kecil bernama Laugh-O-Grams. Sayang sekali, perusahaan tersebut akhirnya bangkrut. Walt Disney uang juga pernah dipecat  dari pekerjaannya di koran Kansas City Star karena dianggap kurang kreatif.

6. Bill Gates

Bos Microsoft ini memulai bisnis dengan mendirikan sebuah perusahaan kecil bernama Traf-O-Data yang tidak berkembang sama sekali. Bill Gates pun di Drop Out dari kampusnya, Universitas Harvard.

Dari 6 pebisnis sukses ini, tentu saja satu hal yang bisa dijadikan pelajaran adalah jangan pernah menyerah. Jika 6 pebisnis sukses ini ternyata menyerah dalam hidupnya, tentu kita tidak akan mengenali mereka saat ini. (Rio/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini