Sukses

Kementerian Ekonomi Kreatif Ditiadakan Tak Jadi Masalah

Wakil Ketua Kadin Industri, Budyarto Linggowiyono menuturkan, memang perlu ada wadah yang membawahi sektor ekonomi kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha tergabung dalam Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia menyatakan tak keberatan jika kementerian yang membawahi ekonomi dan industri kreatif harus ditiadakan.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri, Budyarto Linggowiyono menerangkan, hal itu lantaran tidak dilakukan oleh negara-negara lain.

"Awalnya Kadin mengharapkan ekonomi kreatif dibuat satu kementerian. Namun ternyata untuk Asia pun ternyata tidak di bawah kementerian tapi di bawah lembaga atau badan. Misalnya di Inggris juga sudah dihapus, jadi memang tidak masalah," kata dia di Jakarta, Senin (17/11/2014).

Namun begitu, dia mengatakan tetap diperlukan sebuah wadah yang membawahi sektor ekonomi kreatif. Ia menuturkan, potensi ekonomi dari sektor ekonomi kreatif begitu besar. Namun begitu, potensinya tidak tergarap secara maksimal. Sebuah badan diperlukan untuk pengembangan ekonomi kreatif bisa merata.

"Enterpreneurship tumbuh dari orang muda. Namun, bagaimana caranya bisa sampai ke daerah, ini kelemahannya. Bagaimana daerah bisa saling menunjang potensi yang ada. Seperti Indonesia Timur, padahal di sana potensinya besar," kata dia.

Selain itu, pihaknya mengatakan, ekonomi kreatif perlu didorong dengan membongkar pemahaman jika industri kreatif tidak berkutat pada batik dan kerajinan tangan. Namun, Budyarto menambahkan, ekonomi kreatif bisa dikombinasikan dengan seni budaya dan teknologi. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

  • Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang lahir dari ide-ide SDM yang kreatif.

    ekonomi kreatif

Video Terkini