Sukses

Lepas dari Kepala SKK Migas, Kemana Johanes Widjonarko Berlabuh?

Setelah lengser dari jabatan Pelaksana tugas Kepala SKK Migas, Johanes Widjonarko akan menduduki posisi staf ahli Menteri ESDM.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo telah menunjuk Amien Sunaryadi sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menggantikan Johanes Widjonarko.

Setelah lengser dari jabatannya, kemana Johanes Widjonarko berlabuh?

Ternyata, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said telah memberikan pos posisi kepada Johanes. Setelah lengser dari jabatan Pelaksana tugas Kepala SKK Migas, Johanes Widjonarko akan menduduki posisi staf ahli Menteri ESDM.

"Jadi staf ahli," kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (18/11/2014).
Johanes Widjonarko sebelumnya merupakan Wakil Kepala SKK Migas. Penunjukan Johanes sebagai pelaksana tugas Kepala SKK Migas karena Kepala SKK Migas sebelumnya Rudi Rubiandini tersandung kasus dugaan korupsi pada Agustus 2013.

Kasus tersebut membuat pemerintah untuk menghentikan Rudi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 93 tahun 2013 tanggal 14 Agustus 2013.

Sedangkan Amien yang menggantikan Johanes mengawali karirnya di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Kemudian pada 1996, dia bergabung menjadi anggota Ikatan Akuntan Indonesia.

Kemudian 2003, Taufiqurrahman Ruki dan Amien Sunaryadi berhasil terpilih sebagai pasangan Ketua dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2003-2007.

Selama menjadi Anggota KPK (2003-2007), Amien Sunaryadi memperkenalkan pemberantasan korupsi yang progresif dan menjadi konseptor dari tindakan penggeledahan dan surveillance yang dilakukan oleh KPK untuk mengungkap kasus korupsi high profile. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.