Sukses

BBM Naik, Harga Pangan Stabil Usai 3 Bulan

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Sri Agustina menuturkan, harga kebutuhan pokok akan kembali stabil setelah tiga bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi hanya sedikit berpengaruh terhadap harga pangan.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Sri Agustina menuturkan, harga kebutuhan pokok akan kembali stabil setelah tiga bulan. "Itu meningkatnya selama 3 bulan kemudian cenderung turun," kata dia, di Jakarta, Kamis (20/11/2014).

Dia mengatakan, hal yang mendasari kestabilan harga pangan karena didukung oleh jumlah pasokan yang tersedia. "Itu stok kebutuhan bahan pokok itu dari pantuan kita tersedia dengan cukup," ujar Sri.

Terkait harga cabai mahal, menurut Sri, harga cabai yang tinggi bukan perkara kenaikan harga BBM bersubsidi, namun lebih keterbatasan lahan.

Menurut Sri, hal terpenting menjaga harga-harga kebutuhan pangan adalah menjaga saluran distribusi. "Misalnya saja bagaimana di pelabuhan biar tidak antre khususnya bahan pokok," tandas dia.

Sebelumnya Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menuturkan, pihaknya belum akan melakukan impor terkait kenaikan harga cabai. Pihaknya ingin memberikan kesempatan ke petani untuk bisa tumbuh. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini