Sukses

Alasan Pegawai Mau Bekerja Saat Berlibur

Bahkan 55 persen partisipan dari Asia Tenggara mengaku tidak keberatan bekerja sedikit di tengah masa liburnya. Apa alasannya?

Liputan6.com, Jakarta - Survei situs perjalanan terbesar di dunia, Tripadvisor, berhasil menemukan fakta bahwa 46 persen pegawai di dunia masih menyempatkan diri untuk bekerja saat sedang berlibur. Bahkan 55 persen partisipan dari Asia Tenggara mengaku tidak keberatan bekerja sedikit di tengah masa liburnya.

Lantas apa yang menyebabkan para pegawai tetap mau bekerja meski sedang berlibur?

Rata-rata seluruh pegawai di dunia mengatakan alasan utama tetap bekerja saat berlibur adalah situasi darurat yang membutuhkan perhatian dan terbilang sangat penting. Alasan tersebut diungkapkan 58 persen partisipan dalam survei tersebut.

Bahkan responden Asia Tenggara mengaku merasa bersalah jika tidak bekerja meski hanya sebentar di sela waktu liburnya. Tak hanya itu, para partisipan merasa atasannya ingin dia bekerja saat berlibur.

“Survei TripAdvisor ini menunjukkan bahwa wisatawan di Asia Tenggara menerima cuti tahunan lebih sedikit dibandingkan dengan mereka di negara-negara barat, dan saat liburan mereka tampak lebih seperti workation’daripada vacation atau berlibur,” ungkap Juru Bicara Tripadvisor Jean Ow-Yeong dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/11/2014).

Meski begitu, terdapat 36 persen partisipan yang memilih untuk tidak bekerja sama sekali selama berlibur.

Sekadar informasi, Tripadvisor melibatkan 16.765 wisatawan dari 14 negara di seluruh pelosok dunia. Sebanyak 618 partisipan berasal dari Asia Tenggara yaitu wisatawan Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand

Sementara pegawai lain yang terlibat menjadi partisipan Tripadvisor berasal dari Australia, Brasil, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Rusia, Spanyol, AS dan Inggris. Survei dilakukan dalam kurun waktu 7-13 Agustus 2014. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.