Sukses

Jokowi Minta Trik Sukses China Biar Jadi Raksasa Ekonomi Dunia

Presiden China, Xi Jinping membagikan tiga kunci sukses China kepada Presiden Jokowi. Apa sajakah itu?

Liputan6.com, Jakarta - Selama bertahun-tahun Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata menyimpan tanda tanya besar dalam dirinya terkait China yang mampu meroket menjadi raksasa ekonomi dunia.

Tak sanggup membendung rasa penasaran, Jokowi akhirnya menanyakan tiga cara China mensukseskan ekonominya langsung pada Presiden China Xi Jinping saat menghadiri KTT APEC di Beijing pekan lalu.

"Saya penasaran ingin tahu kuncinya apa. Saya tanya presiden Xi, beri saya tiga kunci kenapa ekonomi China bisa melompat. Jangan ditambahkan, tiga saja," kisahnya saat menghadiri pertemuan tahunan BI di Jakarta, Kamis (20/11/2014).

Dia mengaku penasaran, mengapa China, negara yang dikenalnya sebagai penganut komunis dan bukan kapitalis. Jokowi tak paham mengapa China bisa sangat cepat meningkatkan perekonomiannya.

Ditanya seperti itu, Xi benar-benar memberikan tiga jawaban saja.

"Pertama, partai yang bersatu ini yang sulit. Partai yang harus bersatu. Kalau tidak begitu bagaimana kita bisa bikin visi ke depan. Semua harus menatap ke arah yang sama," ungkap Jokowi mengulang jawaban Xi.

Kunci sukses ekonomi kedua yang disampaikan Xi adalah Gagasan besar. Gagasan besar itu juga harus dibarengi rencana jangka panjang.

"Punya gagasan besar, rencana besar dan mimpi besar.  Jangan berpikir 10 tahun, pikirkanlah 50 hingga 100 tahun yang akan datang," ujarnya.

Pesan terakhir Xi untuk Jokowi adalah segera membangun infrastruktur untuk konektivitas. Menurut Jokowi, Xi menyarankannya untuk membangun infrastruktur antar kota hingga provinsi. "Jangan kecil-kecil, harus langsung gede," tandasnya. (Sis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini