Sukses

Jokowi Pamer Kedekatan dengan Para Pemimpin Dunia

Jokowi memamerkan kedekatan dengan para pemimpin negara besar di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri makan malam bersama para bankir yang difasilitasi Bank Indonesia di Jakarta Convention Centre, Jakarta pada Kamis (20/11/2014) malam ini.

Dalam pidatonya dihadapan setidaknya 350 bankir tersebut, Jokowi memamerkan kedekatan dengan para pemimpin negara besar di dunia seperti Presiden Amerika Serikat Barrack Obama, Presiden Republik Rakyat Tiongkok, Xi Jin Ping dan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

‎"Kebetulan ada undangan di Beijing kemarin, selama dua hari kemarin, selalu posisinya seperti ini. Di sini ada Putin, di sini ada Presiden Tiongkok, Presiden Xi Jin Ping, di sini ada Presiden Jokowi, disini ada Presiden Obama, selalu berempat seperti ini‎ posisinya," kata Jokowi di JCC, Kamis (20/11/2014).
‎

Tak mau hilang kesempatan dengan situasi seperti itu, Jokowi menggunakannya dengan menanyakan beberapa hal kepada para presiden tersebut untuk kemudian dapat diterapkan di Indonesia.

Kepada Presiden China, dia bertanya tentang kesuksesan Tiongkok dalam membangun negaranya dari negara tertutup menjadi negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

"Kenapa dia bisa seperti itu?. Itu tanda tanya saya selama bertahun-tahun. Padahal mereka sebelumnya tertutup, mereka dulu negara komunis, bukan kapitalis, mumpung ada kesempatan, saya tanya langsung," kata Jokowi.

Kepadanya, Xin Jin Ping mengaku mendapatkan tiga hal kunci Tionglok bisa memajukan ekonomi negaranya. Pertama, soal persatuan partai di negaranya, kedua soal pentingnya gagasan besar dalam proyeksi negara 50-100 tahun ke depan, dan ketiga mengenai pentingnya pembangunan infrastruktur. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi