Sukses

Mengakhiri Pekan, Nilai Tukar Rupiah Stabil

Nilai tukar rupiah masih berada di kisaran level Rp 12.100 per dolar AS pada akhir pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Euforia kenaikan harga BBM bersubsidi semakin meredup ditutup dominasi penguatan dollar di pasar global hingga perdagangan kemarin. Akibatnya, nilai tukar rupiah tak banyak menunjukkan pergerakan di akhir pekan ini.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia, Jumat (21/11/2014) menunjukkan nilai tukar rupiah masih berada di level Rp 12.161 per dolar AS pada perdagangan hari ini. Angka tersebut menunjukkan nilai tukar rupiah tak bergerak dari level yang sama pada perdagangan sebelumnya.

Sementara data valuta asing Bloomberg mencatat nilai tukar rupiah menguat sangat tipis 0,09 persen ke level Rp 12.164 per dolar AS pada perdagangan pukul 10:27 waktu Jakarta. Sebelumnya nilai tukar rupiah sempat dibuka menguat di level Rp 12.132 per dolar AS dari perdagangan sebelumnya yang ada di level Rp 12.175 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah tampak tak banyak bergerak hingga menjelang siang dan masih berkutat di kisaran Rp 12.132 per dolar AS hingga Rp 12.169 per dolar AS.

Ekonom PT Samuel Sekuritas Indonesia, Rangga Cipta mengatakan, dengan data ekonomi AS yang bervariasi, dolar tak akan menguat terlalu tajam. Meski demikian, nilai tukar rupiah masih berpeluang melemah pada perdagangan hari ini.

Di awal minggu nilai tukar rupiah sempat menguat karena ada euforia kenaikan harga BBM subsidi. kenaikan harga premium dan solar tersebut membuat pelaku pasar melihat bahwa pemerintah Indonesia berusaha dengan serius untuk memecahkan masalah neraca perdagangan.

Namun euforia tersebut tak berlangsung lama karena nilai tukar dolar terus menguat. Penguatan dolar terjadi di seluruh negara termasuk terhadap 12 mata uang utama di dunia.

Tepat seperti prediksi Ekonom Senior Standard Chartered Fauzi Ichsan, nilai tukar rupiah masih berada di kisaran level Rp 12.100 per dolar AS pekan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini