Sukses

Meskipun BI Rate Naik, Bank Mandiri Tak Mau Kerek Bunga Kredit

Bank Mandiri sendiri memasuki kuartal II 2014 telah menaikkan suku bunga kreditnya.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) mengaku tidak akan menaikkan suku bunga kredit meski Bank Indonesia telah menaikkan Bi rate sebesar 25 basis poin menjadi 7,75 persen.

Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin mengaku, dengan kenaikan hanya 25 basis poin tersebut likuiditas perbankan, terutama Bank Mandiri diakuinya masih dapat mengamankan risiko yang ditimbulkan kenaikan BI rate.

"‎Bunga BI kan sudah dinaikan, kalau bunga bank dengan Bi rate naik 25 basis poin kami tidak usah naikan tidak apa-apa, masih bisa, karena kemarin kan sudah naik cukup tinggi," kata Budi saat ditemui di JCC seperti yang ditulis, Jumat (21/11/2014).

Bank Mandiri sendiri memasuki kuartal II 2014 telah menaikkan suku bunga kreditnya. Kredit korporasi naik hingga 50 basis poin menjadi 10,5 persen, Kredit korporasi mencatatkan kenaikan tertinggi dibanding segmen kredit lainnya.

Sedangkan kredit ritel, kredit pemilikan rumah (KPR) dan non KPR naik 25 basis poin, masing-masing menjadi 12,25 persen, 11 persen dan 12,25 persen. Sementara itu, bunga kredit mikro Bank Mandiri tetap di 22 persen.

‎Seperti diketahui, setelah menahan suku bunga acuan (BI Rate) selama 13 bulan di level 7,5 persen, Bank Indonesia akhirnya menaikan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin setelah pemerintah memutuskan harga BBM naik.

Dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) mingguan, yang digelar pada Selasa, (18/11/2014), Bank Indonesia memutuskan untuk menaikkan BI Rate menjadi 7,75 persen dari sebelumnya yang berada di level 7,5 persen.

"Kenaikan tersebut untuk menjaga ekspektasi inflasi agar tetap terkendali akibat kenaikan bahan bakar minyak (BBM) subsidi," jelas Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo‎. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini