Sukses

Kian Disenangi, Ekspor Perhiasan RI Melejit 100%

Pada periode Januari-Agustus 2014 saja produk ini telah mampu mencetak nilai ekspor sebesar US$ 3,17 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Produk perhiasan Indonesia tampaknya semakin digemari masyarakat di negara lain. Perhiasan asal Indonesia tercatat banyak diekspor ke negara seperti Singapura dan Amerika Serikat.

"Singapura, Amerika Serikat, Hong Kong, Afrika Selatan dan Uni Emirat Arab menjadi negara tujuan utama ekspor perhiasan Indonesia," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Kementerian Perdagangan (Kemendag) Nus Nuzulia Ishak dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (22/11/2014).

Kinerja ekspor perhiasan Indonesia pun semakin cemerlang. Hal ini terbukti pada periode Januari-Agustus 2014 saja produk ini telah mampu mencetak nilai ekspor sebesar US$ 3,17 miliar. Padahal target ekspor perhiasan pada tahun ini hanya dipatok sebesar US$ 2,3 miliar.

"Ekspor perhiasan ini naik 100,42 persen dibandingkan tahun lalu," kata dia.

Produk perhiasan Indonesia juga telah diakui di pasar lokal maupun internasional. Beberapa di antaranya telah berhasil meraih penghargaan kriya dunia (World Craft Council) dengan produk dikategorikan memiliki kualitas sempurna (excellent).

Kemudian berbasis pada budaya atau tradisi lokal (autenthic), inovatif dari segi desain maupun proses produksi (innovative), dapat diterima pasar domestik dan internasional (marketable), serta ramah lingkungan dan memenuhi tanggung jawab sosial (social responsibility).

"Sebagai salah satu produk ekonomi kreatif Indonesia yang mengandalkan kreasi dan inovasi, produk perhiasan memiliki keunggulan tersendiri di pasar global. Tren positif sebesar 28,03 perseen selama lima tahun terakhir ditunjukkan oleh ekspor mutumanikam (perhiasan) nusantara," tandasnya. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini