Sukses

Jonan Resmikan Kereta Api Perintis Jenggala

Kereta api Perintis Jenggala yang menghubungkan Kabupaten Sidoarjo dengan Mojokerto ini menempuh perjalanan sejauh 32 kilo meter

Liputan6.com, Sidoarjo - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meresmikan pengoperasian kereta api Perintis Jenggala dengan rute Sidoarjo-Mojokerto di Stasiun Sidoarjo, Jawa Timur. Kereta api tersebut akan melintasi rel lama di wilayah Sidoarjo yang sudah 40 tahun tidak pernah digunakan.

Menurut Jonan, kereta api Perintis Jenggala yang menghubungkan Kabupaten Sidoarjo dengan Mojokerto ini menempuh perjalanan sejauh 32 kilo meter dengan waktu tempuh sekitar 51 menit.  Kereta api akan berhenti di beberapa stasiun yakni Mojokerto, Tarik, Tulangan dan Kota Sidoarjo.



"Kereta Api tersebut juga akan beroperasi enam kali perjalanan pulang pergi setiap harinya. Dengan empat rangkaian gerbong yang berisi 266 kursi, serta seluruh gerbong kereta akan dilengkapi dengan AC dengan tarif 4 ribu rupiah," imbuhnya.

Setelah kereta Perintis Jenggala tersebut, Pemerintah juga sudah mengkaji untuk mengeluarkan kereta sejenis, seperti rute Situbondo-Bondowoso, Babat-Tuban dan Jombang-Babat.

"Namun Pemerintah saat ini masih mengkaji sejauh mana masyarakat pengguna kereta api di wilayah tersebut, serta upaya pembebasan lahannya," pungkasnya. (Dian Kurniawan/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.