Sukses

Menang Lotre, Pasangan Ini Bagi-bagi Mobil ke Teman Dekat

Memenangkan lotre bernilai triliunan rupiah tak lantas membuat pasangan Colin dan Chris Weir gelap mata dalam menggunakan hartanya.

Liputan6.com, London - Memenangkan lotre bernilai triliunan rupiah tak lantas membuat pasangan beruntung Colin dan Chris Weir gelap mata dalam menggunakan hartanya. Sebagai orang yang kaya mendadak, keduanya berusaha menggunakan harta tersebut dengan bijak.

Pasangan Weir ini bahkan tak ragu-ragu membagi hartanya untuk tetangga, teman dan keluarga. Tanpa banyak pertimbangan, keduanya membagi-bagikan mobil sebagai hadiah untuk beberapa teman.

Tak ketinggalan, pasangan suami istri teresbut ikut menyumbang dana kampanye kemerdekaan Skotlandia. Kampanye tersebut diserukan sebagian masyarakat untuk melepaskan Skotlandia dari Inggris.

Lantaran sumbangan tersebut, pasangan suami istri ini langsung menjadi sorotan banyak pihak. Tapi niat baik kadang menerima ganjalan mengingat beberapa laporan menyebutkan Colin dan Chris Weir dipaksa untuk menyumbangkan sebagian uangnya.

Lantas apa alasan Colin dan Chris Weir membiarkan hadiah uang dalam jumlah besar tersebut bergulir untuk kepentingan politik. Berikut ulasan singkatnya seperti dikutip dari The Richest, The Guardian, BBC News, dan sejumlah sumber lain, Selasa (25/11/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menang lotre

Colin dan Chris Weir menang lotre triliunan rupiah

27 Juli 2011 mungkin menjadi hari yang tak akan terlupakan bagi Colin dan Chris Weir. Keduanya memenangkan lotre dengan hadiah uang sebesar 161,65 juta pound sterling atau Rp 3,08 triliun (Rp 19.076 per pound sterling).

Pasangan ini memenangkan hadiah lotre terbesar ketujuh di Inggris. Identitas keduanya baru terungkap setelah pasangan tersebut mengumumkan rencana pengeluaran hadiah lotre itu.

Pasangan Weir telah menikah selama 30 tahun dan dianugerahi dua anak. Meski memiliki harta hingga triliunan rupiah, keduanya tidak ragu membagi harta tersebut dengan teman dan keluarga.

3 dari 4 halaman

Bagi-bagi mobil

Bagi-bagi mobil untuk sahabat

Dengan hadiah lotre sangat besar tersebut, Colin yang telah berusia 64 tahun ini tak takut berbagi. Dia bersama sang istri dikabarkan membagikan sejumlah kendaraan mewah untuk para sahabat.

Salah satu teman terdekatnya bahkan menerima mobil Mercedes senilai 88 ribu pound sterling atau Rp 1,67 miliar. Para tetangga yang tinggal di sekitar rumahnya juga mendapatkan hadiah sejumlah uang dalam jumlah cukup besar dari pasangan Weir.

Sementara untuk kepentingan pribadinya, pasangan Weir membeli rumah seharga 850 ribu pound sterling. Rumah tersebut merupakan properti hunian idaman lengkap dengan bioskop dan kolam renang pribadi.

4 dari 4 halaman

Sumbangkan dana

Sumbang dana untuk kampanye kemerdekaan Skotlandia

Setelah mendapatkan lotre, pasangan Weir juga menyumbangkan uangnya senilai 2 juta pound sterling untuk mendukung aksi kemerdekaan Skotlandia. Aksi kemerdekaan Skotlandia digawangi sejumlah partai politik yang mendukung gagasan bahwa Skotlandia harus memisahkan diri dari Inggris dan menjadi negara berdaulat dan independen itu seperti sebelum tahun 1707.

Atas donasi untuk Yes Scotland Campaign, Colin dan Chris menjadi penyumbang aksi politik terbesar di Skotlandia. Dana tersebut menaklukan sumbangan terbesar untuk aksi `Better Together Campaign` yang menginginkan Skotlandia dan Inggris tetap bersatu.

Uang yang disumbangkan tersebut setara 80 persen dari donasi yang telah terkumpul untuk kampanye kemerdekaan Skotlandia. Tapi tampaknya aksi tersebut tak berhasil mengingat pada pemilihan suara 18 September 2014, banyak warga yang memilih tetap bersatu dengan Inggris. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.