Sukses

Aksi Borong Saham Murah Dongkrak IHSG

IHSG ditutup menguat ditopang aksi borong saham murah yang dilakukan investor lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat ditopang aksi borong saham murah yang dilakukan investor lokal. IHSG tercatat menguat 14,091 poin (0,28 persen) menjadi 5.133,036 pada penutupan perdagangan Rabu (26/11/2014).

Kenaikan ini ditopang dengan penguatan harga saham-saham unggulan (LQ45) yang naik tipis 0,38 persen menjadi 884,587. Penguatan ini tak lepas dari aksi beli yang dilakukan investor domestik yang menembus Rp 2,8 triliun.

Kepala Riset Woori Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada menjelaskan, tidak adanya sentimen positif dari dalam negeri akhir-akhir ini telah membawa IHSG terus tertekan.

"Penurunan IHSG ini dimanfaatkan para pelaku pasar untuk membeli saham-saham murah. Yang banyak lakukan aksi beli yaitu investor lokal" jelas dia saat berbincang dengan Liputan6.com.

Perdagangan hari ini mencetak nilai transaksi Rp 4,52 triliun, dengan frekuensi 216.391 kali saham berpindah tangan dan volume transaksi 5,531 miliar saham diperdagangankan.

Sebanyak 145 emiten menyokong kenaikan IHSG, sementara 140 emiten menggerus laju indeks. Sisanya 100 emiten harga sahamnya cenderung stagnan.

Sebanyak enam sektor menopang IHSG, dengan penguatan tertinggi di sektor aneka industri, keuangan, dan kontruksi. Sisanya yaitu sektor perdagangan, infrastruktur, kontruksi, konsumer dan industri dasar menggerus IHSG.

Pada perdagangan hari ini, saham-saham yang mendongkrak IHSG yaitu PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Tigaraksa Satria Tbk (TGKA), dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Sedangkan saham yang menahan laju IHSG adalah PT Goodyear Indonesia Tbk (GDYR), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), Siloam International Hospitals Tbk (SILO), dan PT Matahari Department Store Tbk (LPPF).  (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.