Sukses

Nusron Wahid, Politisi yang Jadi Kepala BNP2TKI

Presiden Joko Widodo telah melantik Nusron Wahid menjadi Kepala BNP2TKI.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo telah melantik Nusron Wahid menjadi Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Pelantikan tersebut dilakukan di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (27/11/2014) sore. Selain Kepala BNP2TKI, Jokowi juga melantik Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Franky Sibarani sebagai Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM).

Siapakah Nusron Wahid?

Seperti dirangkum Liputan6.com, rekam jejak Pria kelahiran Kudus, 12 Oktober 1973 itu lebih aktif di dunia politik. Suaranya sangat vokal saat dia menjabat sebagai Anggota DPR RI periode 2009-2014 dari Fraksi Golkar. Nusron mewakili daerah pemilihan di kota kelahirannya dengan mengantongi 13.157 suara.  

Saat menduduki kursi parlemen, Sarjana Sastra jebolan Universitas Indonesia itu ditempatkan sebagai anggota Komisi VI DPR. Di komisi ini, dia bertugas mengawasi kebijakan yang terkait dengan perdagangan, perindustrian, investasi, koperasi, UKM, BUMN dan Standardisasi Nasional.

Karirnya semakin menanjak setelah terpilih menjadi Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor Nahdlatul Ulama pada Januari 2011. Dalam perjalanannya, Nusron pun tercatat sebagai Komisaris PT CBN dan PT Palima Timada.

Nusron Wahid politisi Golkar yang dipecat partai yang berada di bawah komando Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie lantaran mendukung Jokowi-JK pada Pilpres 2014 lalu.

Wakil Presiden JK sebelumnya menegaskan, Nusron terpilih karena kemampuannya, bukan sebagai bentuk kompensasi dukungan saat Pilpres 2014 lalu. Ketua Umum PMI ini pun menegaskan bahwa Nusron masih kader Golkar.

"Dia ini kan tetap Golkar, buktinya tetap anggota DPR," terang dia. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini