Sukses

BI Buka Kantor Perwakilan di Bangka Belitung

Selain di Kep. Bangka Belitung, BI akan dibuka Kantor perwakilan baru di tiga provinsi yakni Papua Barat, Sulawesi Barat, dan Kalimantan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo meresmikan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Pangkal Pinang pada Kamis (27/11/2014).

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Rustam Effendi beserta Walikota dan Bupati di wilayah Provinsi Kep. Babel serta segenap unsur Muspida Provinsi dan Kota, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, lembaga-lembaga di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda), perbankan, perusahaan  serta tokoh agama dan masyarakat daerah Provinsi Kep. Babel.

Sebelumnya, pada 14 November 2014 yang lalu telah dilakukan penandatanganan berita acara serah terima antara Kepala Perwakilan BI Wilayah VII (wilayah koordinasi meliputi Sumatera Selatan, Kep. Babel, Bengkulu dan Lampung) dengan Kepala KPw BI Provinsi Kep. Babel, yang menandai dimulainya kegiatan operasional KPwBI Provinsi Kep. Babel.

Dalam hal pengelolaan kas yang semula dengan Kas Titipan di Bank Mandiri, sejak beroperasinya KPw Kep. Babel ini, BI dapat langsung melayani masyarakat untuk penukaran uang, setoran dan penarikan uang oleh perbankan, serta pelaksanaan layanan transfer dana antar bank baik melalui kliring ataupun melalui Real-Time Gross Settlement (RTGS)  yang semula diselenggarakan oleh Bank BNI sebagai penyelenggara kliring lokal non BI.

"Pembukaan KPw di Prov. Kep. Babel ini merupakan komitmen nyata BI untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah secara berkesinambungan," terang Agus.

KPw Prov. Kep. Babel ini akan berfungsi penuh secara bertahap di bidang moneter, stabilitas sistem keuangan (SSK), sistem pembayaran dan pengelolaan uang Rupiah, serta manajemen intern. Peran BI sebagai advisor strategis Pemda, khususnya untuk mendukung upaya reformasi struktural, diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi daerah.

“Kami ingin menjadikan kantor perwakilan Bank Indonesia di daerah sebagai mitra strategis bagi Pemda”, kata Agus.

Agus memastikan bank sentral akan  akan memperluas jaringan kantor Bank Indonesia di daerah, dari sebelumnya 30 provinsi menjadi 34 provinsi. Selain di Kep. Bangka Belitung, akan dibuka Kantor perwakilan baru di tiga provinsi lainnya yakni Papua Barat, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Utara.

"Dengan dibukanya KPw Babel, Bank Indonesia memiliki 42 Kantor Perwakilan Dalam Negeri dan 4 Kantor Perwakilan Luar Negeri, yaitu di Singapura, Tokyo, London dan New York," paparnya.

Gubernur Kep. Babel, Rustam Effendi, mendukung penuh berdirinya Kantor Perwakilan BI di Provinsi Babel dan berharap dapat meningkatkan sinergi dengan Pemda sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas.


Berikut alamat KPw Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung:

Jl. Jendral Sudirman 51, Pangkal Pinang, 33121

No. Telp 0717-422411, Fax. 0717-422311


(Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini