Sukses

Bursa Asia Menguat Terdorong Sentimen Jepang

Indeks MSCI Asia Pasifik naik kurang dari 0,1 persen menjadi 140,84 pada pukul 09.05 waktu Tokyo, Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Sebagian besar saham-saham di kawasan Asia Tenggara (Bursa Asia) menghijau pada pembukaan perdagangan didorong oleh penguatan saham-saham di Bursa Jepang. Saham-saham di Tokyo mengalami kenaikan karena investor masih melihat prospek yang menarik di bursa Jepang.

Mengutip Bloomberg, Jumat (28/11/2014), Indeks MSCI Asia Pasifik naik kurang dari 0,1 persen menjadi 140,84 pada pukul 09.05 waktu Tokyo, Jepang. Jika dihitung dari awal pekan, penguatan Indeks MSCI Asia Pasifik mencapai 0,6 persen, menghapus seluruh pelemahan pada pada bulan ini.

Indeks Kospi Korea Selatan turun 0,1 persen. Indeks S&P/ASX 200 Australia melemah 1,2 persen. Sedangkan Indeks NZX 50 Selandia baru naik 0,3 persen.

Analis IG Ltd, Melbourne, Australia, Stan Shamu menjelaskan, sebagian besar bank sentra mencoba mengambil langkah untuk mendorong inflasi yang lebih tinggi. "Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Jepang kemungkinan akan menambah stimulus untuk mencapai tujuan inflasi," tambahnya.

Indeks harga konsumen Jepang melambat dalam tiga bulan terakhir secara bertutur-turut, di tengah penurunan harga minyak. Dengan data tersebut, mau tidak mau Bank Sentral Jepang harus mengambil langkah yang cepat agar deflasi tidak terjadi.

Perdana Menteri Jepang, Shonzo Abe sebelumnya telah mengambil langkah menunda kenaikan pajak penjualan. Hal tersebut memberikan sedikit sentimen positif kepada ekonomi negara tersebut. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.