Sukses

Dwi Soetjipto, Bos Semen Indonesia yang Kini Pimpin Pertamina

Bos PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) Dwi Soetjipto sebagai Dirut Pertamina periode 2014-2019. Berikut sepak terjang Dwi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah menunjuk Bos PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) Dwi Soetjipto sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) yang baru. Dwi akan memimpin Pertamina dalam lima tahun ke depan.

Pria kelahiran Surabaya, 10 November 1955 ini menggantikan Muhamad Husen yang saat ini menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) Pertamina, pasca ditinggalkan Karen Agustiawan. 

"Memang sore hari ini, rapat umum pemegang saham Pertamina telah diputuskan  untuk memberhentikan direksi Pertamina dan mengangkat Dwi Soetjipto sebagai Dirut Pertamina periode 2014-2019," kata Rini di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (28/11/2014).

Berikut profil singkat Dwi Soetjipto seperti dirangkum Liputan6.com:

Sejak 2005, alumnus Fakultas Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Gresik Persero, yang berubah nama menjadi PT Semen Indonesia Tbk pada awal 2013.

Usai transformasi, Semen Indonesia menjadi perusahaan induk usaha semen nasional dengan operasi pabrik terbesar di Asia Tenggara. Sebagai sebuah holding, Semen Indonesia membawahi tidak BUMN pupuk lainnya yaitu Semen Padang, Semen Gresik, dan Semen Tonasa.

Di bawah kepemimpinan Dwi, PT Semen Indonesia sudah membuka pabrik di negara Vietnam.  Pria yang menguasai seni beladiri karate dan pencak silat ini, mampu mensejajarkan perusahaan yang dipimpinnya dengan BUMN besar seperti Pertamina dan PLN.

Ayah empat anak ini juga sukses membawa kapasitas produksi Semen Indonesia menjadi 26 juta ton per tahun, mengalahkan kapasitas produksi Siam Cement yang sebesar 23 juta ton, yang selama ini adalah raja semen Asia Tenggara.

Suami dari Handini ini menjadi eksekutif pertama sepanjang sejarah yang membawa BUMN Indonesia menjadi perusahaan multinasional.

Selain sibuk berkarir,  Dwi Soetjipto juga tercatat sebagai koordinator pengajar di Institut Pelatihan Pembangunan sejak tahun 1999 sampai sekarang. Sejak tahun 2014, Dwi Soetjipto menjadi Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Semen Indonesia dan komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI).

Berikut perjalanan karir Dwi Soetipto

- Dirut PT Semen Indonesia 2005-2014
- Dirut PT Semen Padang tahun 2003-2005‎.
- Komisaris Utama PT Igasar tahun 1998-2003.
- Direktur Personalia PT Semen Padang tahun 1995-2003‎.
- Kepala Personalia PT Semen Padang tahun 1990-1995‎.

(Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.