Sukses

Langka, Permadani Ini Terjual Lebih dari Rp 500 Miliar

Permadani asal abad ke-15 dibeli oleh miliarder asal Tiongkok dengan harga lebih dari Rp 500 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian orang rela untuk melakukan apapun untuk memiliki barang yang disukainya. Apalagi kalau orang tersebut adalah seorang milarder dunia, bisa dipastikan apa yang diinginkannya akan didapat, berarapun bayarannya.

Hal itulah yang terjadi pada Liu Yiqian, miliarder asal Tiongkok ini rela mengeluarkan uang US$ 45 juta atau sekitar Rp 549 juta (Kurs: Rp 12.205/US$) untuk sebuah permadani.

Dikutip dari Bloomberg pada Sabtu (29/11/2014), Liu Yuqian membeli permadani ini pada lelang Christie di Hongkong Rabu lalu (26/11/2014). Dengan dibeli Liu, permadani ini memecahkan rekor sebagai karya seni termahal di Tiongkok.

Rencananya, permadani ini akan disimpan di museum pribadinya di Shanghai, Long Museum.

"Saya bangga membawa kembali Thanka (lukisan di atas sutra bersulam yang biasanya menggambarkan makhluk suci agama Buddha) yang sangat signifikan dan bersejarah ini. Barang ini akan dilestarikan di Long Museum dalam beberapa tahun ke depan," katanya.

Permadani Thanka ini sendiri dibuat pada abad ke-15. Permadani ini menggambarkan dewa Buddha dengan ukuran 132 inchi x 84 inchi (sekitar 3,35 meter x 2,1 meter). (Rio Apinino/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.