Sukses

Ini Cara Pemerintah Dorong Produksi Udang

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan produksi udang sebanyak 755 ribu ton pada 2015 meningkat dari tahun ini sebanyak 699 ribu ton. Produksi udang sebanyak 70 persen akan didominasi oleh udang vaname.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto mengatakan, perlu  ketersediaan benih dan induk unggulan dengan jumlah yang memadai untuk merealisasikan target tersebut.

"Pada 2015, kami membutuhkan sekitar 54 miliar ekor benih udang baik vaname, windu maupun udang galah, untuk menunjang peningkatkan produksi udang yang telah di tetapkan. Benih dan induk udang ini harus tersedia secara kontinyu dan terjaga kualitasnya," kata dia dalam keterangannya seperti ditulis, Jumat (28/11/2014).

Dia menerangkan, selama ini kecukupan kebutuhan induk udang masih berasal dari impor. Untuk mengejar target perlu mendorong produktivitas dalam negeri.

"Ke depan kami akan mendorong produsen induk udang vaname unggul yang berasal dari dalam negeri, baik itu dari instalasi pemerintah maupun dari swasta. Target yang kami tuju adalah perimbangan penyediaan induk unggul dari impor dan produsen dalam negeri atau 50:50. Sehingga kita dapat menuju kemandirian," lanjutnya.

Selain itu, dia juga menerangkan akan meningkatkan ketersediaan benih udang. Menurut Slamet, selama unit pembenihan udang hanya berlokasi di Pulau Jawa. Padahal potensi beberapa daerah seperti Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, Bali, dan Kalimantan Timur memiki potensi yang besar untuk pengembangan udang.

"Sehingga perlu kami dorong untuk pembangunan unit peembenihan udang yang mendekat ke sentra produksi udang," tandas dia. (Amd/Ahm)

Artikel Selanjutnya
Strategi Pemerintah Sejahterakan Petani Garam
Artikel Selanjutnya
Percepat Swasembada Pangan, Industri Pupuk Harus Lebih Maju