Sukses

Ini Kata Dahlan Iskan Soal Bos Pertamina Baru

Dahlan akan melakukan hal yang sama seperti Rini Soemarno jika diminta untuk memilih sosok yang akan mengisi Pertamina.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Badan usaha Milik negara (BUMN) Dahlan Iskan mengapresiasi penunjukkan Dwi Soetjipto menjadi Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Menurut Dahlan, Dwi merupakan sosok yang cocok untuk melakukan perubahan di perusahaan minyak dan gas (migas) terbesar di Indonesia tersebut.

"Pas, pas banget, bagus, karena beliau (Dwi) salah satu CEO terbaik BUMN," kata Dahlan ketika ditemui di Balai Kartini, Jakarta, Senin (1/12/2014).

Dijelaskan oleh Dahlan, saat Dwi Soetjipto menjadi Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero), dirinya berhasil membawa perusahaan semen tersebut menembus pasar internasional lebih khususnya di kawasan ASEAN.

Dahlan akan melakukan hal yang sama seperti Rini Soemarno, Menteri BUMN saat ini jika diminta untuk memilih sosok yang akan mengisi Pertamina. "Seandainya saya, saya pasti juga akan pilih dia (Dwi) juga‎," tegasnya.

Sebelumnya, sebagai bos baru Pertamina, Dwi mengaku akan mencoba memenuhi harapan besar masyarakat terhadap kemajuan Pertamina selaku perusahaan utama pemasok migas dalam negeri.

Dwi telah memiliki tiga garis utama yang akan dilakukan selama menjabat sebagai bos Pertamina hingga 2019. Pertama, Dwi terobsesi untuk menjadikan Pertamina sebagai ujung tombak kedaulatan energi nasional.

Kedua, dirinya akan melakukan efisiensi proses bisnis Pertamina baik dari hulu hingga ke hilir. "Kami akan menerapkan khusus baik dari sistem maupun tekhnologi untuk mencegah kebocoran yang terjadi selama ini," paparnya.

Sementara hal ketiga adalah membenahi manajemen Pertamina untuk dapat menjadikan manajemen yang lebih transparan. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini