Sukses

Ini Wanita Terkaya di Indonesia

Kekayaan Kartini Muljadi mencapai US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp 13,5 triliun yang menjadikannya wanita terkaya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Dari 50 daftar orang terkaya di Indonesia, hanya ada satu nama wanita yang muncul yaitu Kartini Muljadi. 

Dalam daftar tersebut, wanita berusia 84 ini menduduki peringkat ke-29. Ia lebih kaya dibanding Aksa Mahmud pemilik Bosowa, Arifin Panigoro pemilik Medco Energy dan Hashim Djojohadikusumo, adik dari Prabowo Subianto.

Kekayaan Kartini mencapai US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp 13,5 triliun (estimasi kurs: Rp 12.315 per dolar AS).

Karir Kartini tidak bermula langsung sebagai seorang pengusaha. Ia semula adalah seorang hakim, notaris dan kemudian menjadi pengacara. Di saat krisis keuangan tahun 1998, ia menjadi konsultan bagi bank-bank yang terpuruk.

Karena kiprahnya itu, ia kemudian diangkat menjadi tim penasehat hukum Badan Penyehatan Perbankan Nasional.

Sumber kekayaan dari Kartini bukan hanya dari kantor hukum yang dimilikinya. Kedua anaknya juga merupakan pengusaha sukses.

Anak laki- lakinya, Handojo Muljadi, pemilik Tempo Scan Group. Sedangkan anak wanitanya, Dian Muljadi, ikut bergabung juga di Tempo Scan. Perusahaan tersebut bergerak di sektor medis.

Selain itu, salah satu orang terkaya di Indonesia bersama suaminya ini juga memiliki perusaha sendiri yaitu Indika Group. Perusahaan ini bekerja di bidang media, telekomunikasi, peralatan, rumah produksi, perusahaan rekaman, dan pertambangan. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini