Sukses

Survei BI: Masyarakat Pesimistis dengan Kondisi Ekonomi

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2014 tercatat sebesar 120,1 lebih rendah 0,5 poin dibandingkan indeks bulan sebelumnya.

Liputan6.com,Jakarta - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa keyakinan konsumen pada November 2014 sedikit melemah dibandingkan bulan sebelumnya.

Dalam laporan BI seperti dikutip Jumat (5/12/2014) ini, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2014 tercatat sebesar 120,1 lebih rendah 0,5 poin dibandingkan indeks bulan sebelumnya.

Pelemahan tersebut terutama disebabkan oleh menurunnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang dibandingkan dengan kondisi ekonomi saat ini, terutama pada aspek kegiatan usaha dan ketersediaan lapangan kerja.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga pada Februari 2015 kembali meningkat cukup tajam.

Selain itu, tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang (Mei 2015) juga diperkirakan meningkat signifikan, terutama didorong oleh kekhawatiran konsumen terhadap kemungkinan adanya kebijakan pemerintah untuk mengurangi lagi subsidi energi sehingga berpengaruh terhadap harga BBM, Tarif Tenaga Listrik dan harga elpiji.

Secara regional pelemahan IKK terjadi di 11 kota dengan penurunan indeks terbesar terjadi di Padang (-12,2 poin) dan Banten (-11,4 poin). Sementara berdasarkan tingkat pengeluarannya, penurunan IKK terbesar terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp 4 juta-Rp 5 juta per bulan.(Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini